Lihat ke Halaman Asli

Sri Rahayu

Menyukai literasi

Rasanya Gimana Gitu Saat HPku Kena Hack

Diperbarui: 8 September 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nggak pernah terfikirkan saya kena juga. Alhamdulillah akhirnya merasakan juga seperti orang-orang. Semula saya nggak terlalu perduli dengan adanya hecker atau pembobol atau istilahnya apalah, karena saya merasa saya nggak punya sesuatu yang sangat penting pada handphone saya, menganggap saya itu nggak penting atau buka target sasaran. Dan akhirnya.

Ya ampun apa sih ya yang mau dicuri dari HP ku? Mencoba untuk iklas dan menerima dengan lapang dada meskipun aslinya juga pasti gondok banget. Ya siapapun orangnya pasti sebel kena beginian.

Bermula kira-kira tiga minggu yang lalu di WA group SMA anakku yang cowok yang lulus tahun ini ada file berupa "Undangan Rapat" Melihat judulnya saya otomatis langsung buka karena saya pikir penting. Setelah dibuka terus nggak ada file yang kebuka, cuma seperti ada slide lewat saja. Saya coba ke check ke WA group lagi file nya, ternyata baru ngeh kalau file nya .apk Saya lihat si hecker ini tiba-tiba menjadi admin WA group dan kucari ex. wali kelasnya yang semula admin hilang dari group. Langsung saya WA ke Bu Hamidah yang merupakan ex. wali kelas

"Assalamualaikum bu, mau menginfokan kalau group kita kena heck. Coba check deh bu"

"Iya mam, tadi saya sempet buka file nya dan tiba-tiba kok secara otomatis saya keluar group"

"Mohon maaf bu, saya ijin keluar group karena di group ada notif kalau yang bisa tulis pesan hanya admin. Minta tolong info ke orang tua murid bu karena saya nggak save nama anggota group"

"Ya bu baik, terima kasih informasinya"

Dan saya keluar group, refresh HP. Saya kira sudah selesai masalahnya tetapi ternyata masalahnya baru timbul setelah hampir dua minggu nggak ada masalah. HP mati hidup sendiri dan seperti di remote dari jauh. Saya masih berfikir positif " Oh mungkin HP rusak karena sudah satu tahun"

Yang bener-bener ngeh tu tadi malam waktu HP tiba-tiba gelap dan nggak bisa di nyalain.

"Wah kena virus itu bu" kata anak gadisku

"Emang ibu pernah buka file yang aneh ya?" tanyanya lagi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline