Lihat ke Halaman Asli

Sri Rahayu

Menyukai literasi

Layanan BPJS yang Semakin Bagus

Diperbarui: 4 Juli 2022   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Dokumen pribadi"

BPJS sudah tidak asing lagi di telinga kami sebagai penduduk biasa yang tinggal di wilayah Indonesia. Alhamdulillah pelayanannya semakin hari semakin membaik. Terima kasih pada pemerintah yang sudah sukses mengelola asuransi kesehatan ini. 

Duapuluh tahun yang lalu waktu namanya masih Jamsostek, saya dan keluarga oleh perusahaan tempat saya dan suami berkerja sudah terdaftar menjadi anggota. Kami tidak pernah menggunakan fasilitas ini selama puluhan tahun karena fanansial kami masih bagus. 

Pada waktu itu peraturan sangat kaku. Pernah suatu saat ada pengalaman yang saya alami sendiri saat itu anak saya yang kedua sakit parah yang harus perlu dirawat di rumah sakit. Kami langsung ke UGD dan benar feeling saya bahwa anak saya harus dirawat. Suami mencoba mengajukan BPJS tapi ditolak karena prosedurnya harus ada rujukan dari dokter Faskes satu. Sehingga kami tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS / jamsostek. Karena kami masih mampu ya nggak ada masalah biarpun harus bayar sendiri. Lha tapi kalau saudara - saudara kita yang kurang bagus financialnya kan kasihan ya. 

Tahun 2021 adalah tahun terberat dalam hidupku saat pandemi dan financial keluarga yang kurang bagus, anak pertama mengalami sakit yang butuh pemeriksaan rutin. Karena kami hampir tidak pernah menggunakan BPJS jadi kamipun buta. Suatu saat pas periksa di suatu Rumah Sakit langganan di darerah Cibinong, oleh dokter spesialis yang menangani disarankan untuk menggunakan BPJS. Pada masa pandemi yang agak susah mengurus off line maka dengan kemudahan fasilitas internet akhirnya bisa mengaktifkan kembali BPJS yang ternyata sudah hampir 3 tahun vacum tidak terbayar sejak saya dan suami tidak bekerja. 

Ya allah Tuhan maha baik. Selama setahun pengobatan rutin dan penanganan medis dengan beberapa kali harus di rawat di Rumah Sakit kami mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas biarpun kami menggunakan fasilitas BPJS. Biayanya juga relatif murah. 

Ternyata Tuhan punya banyak cara untuk membuat kami kuat dan agar kami bisa merasakan posisi di atas dengan fiancial yang berlebih dan pada posisi di bawah dengan minimnya finacial tapi segalanya dicukupkan. 

Terima kasih banyak BPJS, anakku sudah sehat kembali sekarang dan bersiap untuk terbang tinggi menggapai asa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline