Lihat ke Halaman Asli

Sri sulastri

Mahasiswa

Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan Endorsement

Diperbarui: 19 Mei 2024   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Definisi Endorsement

Endorsement merupakan tindakan atau wujud dukungan resmi atau persetujuan terhadap suatu produk, layanan, atau orang oleh pihak lain, terutama oleh tokoh terkenal, selebriti, atau pihak yang memiliki otoritas atau kepercayaan di bidang tertentu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat citra positif, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempromosikan suatu entitas atau merek.

Sedangkan pendapat lain yang menyatakan mengenai definisi endorsement yang dikemukakan oleh (Suryadi, 2006) endorsement adalah ikon atau sering disebut juga direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk.

B. Kelebihan Endorsement

Keuntungan endorsement, atau dukungan resmi terhadap suatu produk, layanan, atau individu oleh pihak lain, dapat mencakup beberapa aspek positif, antara lain:

1.Peningkatan kredibilitas

Dukungan dari tokoh terkenal atau otoritas di bidang tertentu dapat memberikan kredibilitas tambahan kepada produk atau layanan. Konsumen cenderung lebih percaya pada merek yang didukung oleh orang atau entitas yang dihormati atau dianggap berkompeten.

2.Meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek

Endorsement dapat membantu meningkatkan kesadaran merek karena menciptakan asosiasi positif dengan tokoh terkenal atau otoritas di industri tersebut.

3.Memperkuat citra positif

Keterkaitan dengan tokoh yang memiliki reputasi baik dapat membantu membangun citra positif bagi merek atau individu yang di-endorse. Testimoni positif atau dukungan dari orang terkenal dapat menciptakan persepsi yang baik di mata konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline