Banyak siswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghafal pelajaran, termasuk pelajaran matematika. Akhirnya dalam menyelesaikan soal-soal ujian sebagian besar siswa banyak membuat kesalahan. Menghafal memang masih merupakan bagian penting dalam belajar. Lalu apa salahnya dengan menghafal? Salah satu kesalahan yang terjadi adalah si siswa hanya menghafal melulu tanpa mengerti apa yang dihafalnya. Semata-mata hanya hafalan!
Jika seorang siswa belajar dengan cara seperti itu, maka ada dua kerugian utama yang dideritanya. Pertama, adalah ia telah membuang banyak waktu karena menghafal tanpa mengerti akan jauh lebih sulit dari pada menghafal dengan mengerti. Kedua, sudah buang waktu banyak, tetap saja ia tidak menguasai pelajaran dan tidak bisa menyelesaikan ujian dengan baik.
Coba kita renungkan soal di bawah ini!
Ketika siswa diberikan soal di atas, mereka akan mengalikan penyebutnya sehingga soal di atas menjadi
setelah itu mereka menjadi kebingungan dan menyerah karena soal itu di anggap sulit. Sebenarnya soalnya tidaklah sulit, namun karena siswa terbiasa menghafal, tidak memperbanyak latihan, mereka kesulitan menyelesaikan soal yang berbeda dengan yang diberikan guru sebelumnya.
Soal di atas dapat diselesaikan dengan: