Lihat ke Halaman Asli

Rahasia Mendapatkan Ide Menarik

Diperbarui: 20 Desember 2021   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menemukan sebuah ide merupakan satu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan bahkan memilki keistimewaan tersendiri bagi sebagian orang. Pernahkan anda mengalami kesulitan dalam mencari sebuah ide dalam memulai sesuatu? Seperti untuk pekerjaan, memulai usaha, membuat sebuah karya tulis dan lain sebagainya.  Sekarang ada konsep I-D-E-A yang dapat memudahkan anda untuk menemukan ide.
I : interest (hobi)
D : Diverse (melihat segala sesuatu secara berbeda)
E : Exercise (berlatih)
A : Agile dan Accept (lincah dan menerima)

Yuk simak penjelasananya!
I atau interest (Hobi) Untuk mulai menemukan ide anda bisa mulainya dengan yang paling mudah yaitu hobi. Jika anda adalah seseorang memiliki hobi kuliner anda bisa membuat usaha makanan atau jika anda hobi jalan-jalan (Traveling) anda bisa membuat karya tulis tentang apa saja yang anda lihat selama jalan-jalan. Intinya apapun hobi anda itu bisa menjadi ide untuk melakukan sebuah kreatifitas. 

Kedua, D atau Diverse (melihat segala sesuatu secara berbeda) jika anda selalu melihat sesuatu sesuai dengan fungsinya, maka mulailah untuk melihat dengan cara yang berbeda. Seperti saat anda melihat sebuah botol mineral bekas maka anda berpikir itu hanya menjadi sampah, namun jika anda melihat dengan cara yang berbeda, maka anda akan temukan banyak fungsi pada botol mineral seperti dapat digunakan unutk menjadi pot, membuat hiasan dan masih banyak lagi. 

Contoh lain ketika kita membuat karya tulis dan ingin menerbitkannya maka kita akan datang ke perusahaan penerbit, muncul pemikiran apakah bisa menerbitkan karya tulis tanpa kita datang ketempat penerbit? maka muncul jasa perusahaan penerbit online yang dimana kita tidak harus datang ke tempat penerbit. 

Dalam artian coba pikirkan sesuatu dengan cara berbeda maka akan ditemukan sebuah ide baru. Selajutnya, E atau Exercise (Berlatih) ini adalah kunci untuk menemukan banyak ide. 

Semakin banyak hal yang dilihat, maka itu adalah bagian dari latiham. Semakin sering anda berlatih maka akan semakin banyak ide yang didapatkan dan semakin mahir. Sering-sering membuat karya tulis dan melakukan sesuatu karena semua itu tidak percuma.

 Terakhir, A atau Agile and Accept (lincah dan menerima) Jika tiba-tiba merasa mendapatkan ide maka segera catat/rekam ide tersebut, jangan menunda hingga menjadi lupa maka itu akan menjadi sia-sia dan terima ide tersebut jangan di tolak lalu kejakan dalam lembar kerja anda.
Bukanlah hal yang sulit dalam mencari sebuah ide ada banyak cara dan strategi yang dapat digunakan salah satunya adalah konsep I-D-E-A yang dapat anda lakukan kapanpun dan dimanapun. 

Untuk para penjuang ide semoga dengan diterapkannya konsep I-D-E-A ini dapat memudahkan anda dalam menentukan ide dan menyelesaikan pekerjaan, urusan, tugas dan sebagainya. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua yang membacanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline