Lihat ke Halaman Asli

Sarah Amalia

Mahasiswa ilmu komunikasi

Model Komunikasi Newcomb pada Game PUBG

Diperbarui: 2 Desember 2021   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pengertian Model Komunikasi Newcomb

            Model komunikasi yang dikembangkan Newcomb merupakan model komunikasi antarpribadi. Melalui modelnya ini Newcomb menggambarkan tentang dinamika hubungan komunikasi antara dua individu tentang suatu objek yang dipersoalkan mereka.

Menurut model Newcomb, yang kemudian dikenal dengan sebutan “model keseimbangan”, pola komunikasi yang terjadi antara dua individu mempunyai dua bentuk apabila dua orang yang berkomunikasi tentang suatu hal/objek sama-sama mempunyai sikap menyukai atau memiliki selera. yang sama terhadap hal/objek yang dibicarakan. Keadaan tidak seimbang terjadi apabila terdapat perbedaan sikap di antara kedua orang tersebut.

Namun, apabila keadaan tidak seimbang ini terjadi, umumnya masing-masing pihak berupaya untuk mengurangi perbedaan sehingga keadaan “relatif seimbang” biasa tercapai. Sementara kalau keadaan seimbang terjadi masing-masing pihak berusaha untuk terus mempertahankannya. Menjaga keseimbangan inilah yang menurut Newcomb merupakan hakikat utama dan komunikasi antarpribadi.

Fenomena komunikasi berdasarkan model komunikasi Newcomb

            Di era digital ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Game Online. Salah satu contohnya adalah Game PUBG yang merupakan singkatan dari Player Unkwon’s Battleground. Game ini sangat popular di kalangan remaja. Di dalam game tersebut kita akan berusaha mengalahkan player lain dalam bentuk game perang dan kita bisa bermain dengan orang lain sehingga menimbulkan sebuah interaksi atau komunikasi. Interaksi ini lebih menjurus ke model yang digagas oleh Newcomb. Dimana interaksi dua orang Ketika menyukai objek yang sama. Objek didalam studi kasus ini adalah game PUBG. Ketika dua orang bermain game ini otomatis mereka menyukai game tersebut.

            Ketika sedang bermain game ini, kita akan menemukan sebuah perbedaan pendapat. Contoh pertama adalah ketika game dimulai. Di dalam game tersebut kita bebas memilih area turun atau memilih tempat untuk mengumpulkan senjata. Dua orang akan berdebat biasanya karena mereka mempunyai area sendiri yang mereka sukai. Orang pertama menyukai turun di area A karena jarang ada musuh atau player lain tetapi orang kedua menyukai turun di area B karena terdapat senjata yang bagus. Mereka tetap turun ditempat yang mereka sukai tetapi kemudian setelah mengumpulkan senjata mereka akan berkumpul kembali di titik yang sudah mereka sepakati.

Contoh kedua ketika hendak menyerang musuh, dua orang ini akan berdebat hendak langsung menyerang atau mengendap ngendap menunggu musuhnya datang. Setelah melihat kondisi di dalam game tersebut lebih baik langsung menyerang karena posisi musuh yang mudah untuk dilawan. Otomatis orang yang menyarankan agar mengendap ngendap menunggu musuhnya datang akan mengikuti kondisi yang ada dan kemudian ada kesepakatan bahwa lebih baik menyerang terlebih dahulu tanpa adanya paksaan dari salah satu pihak.

            Contoh ketiga adalah ketika rotasi atau berpindah tempat ketika zonanya sudah mengecil. Zona di dalam game ini batas wilayah untuk perang. Ketika hendak rotasi satu orang akan menyarankan menggunakan kendaraan motor untuk berpindah tempat agar lebih cepat, satu orang lagi menyarankan menggunakan mobil agar lebih aman dan tidak bisa ditembak oleh musuh. Karena waktu zona sudah hampir habis, mereka sepakat menggunakan motor tetapi memilih jalan yang lebih aman.

            Dari contoh contoh yang sudah dijelaskan tadi sangat relevan dengan model komunikasi yang di gagas oleh Newcomb yaitu keseimbangan. Ketika terjadi ketidakseimbangan mereka akan mempertahankan pendapatnya masing masing. Tetapi setelah melihat kondisi yang ada, mereka akan mengambil pendapat yang terbaik tanpa melupakan pendapat satunya.

                Di era sekarang model komunikasi newcomb tidak hanya pada yang dijelaskan tadi, namun banyak sekali bentuknya. Contoh dari fenomena lain adalah saat kita berkunjung ke pameran lukisan, menonton film, mendengarkan radio, menonton pertunjukkan musik. Akan ada interaksi dimana dua orang sama sama menyukai satu objek tetapi memiliki pandangan sendiri atas apa yang mereka lihat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline