Lihat ke Halaman Asli

Sri Fadillah

KOL Specialist in Ritel

5 Pelajaran Hidup Wajib Pahami Sekarang

Diperbarui: 7 November 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Bogor, - Setiap orangtua pasti ingin anak nya sukses. Sekolah menjadi salah satu jembatan dan pegangan utama setiap individu sebelum meniti dunia luar yang tentuya jauh lebih keras, salah satunya adalah persaingan. Namun tidak semua hal di ajarkan di sekolah. Sehingga bagi setiap orang tua atau calon orangtua penting untuk memperhatikan Pelajaran Hidup yang telah didapatkan.

Pelajaran hidup yang dimiliki oleh orangtua atau calon orangtua kelak menjadi kunci berkembangnya pendidikan terhadap anak di rumah. Sehingga anak akan tumbuh dengan karakter dan pemikiran yang kuat. Dikutip dari video Youtube milik akun Raymond Chin, berikut 5 life skills yang wajib diketahui sebagai pelajaran hidup dan 100% akan dibutuhkan.

1. Make Mistake
Dari dulu bahkan semenjak usia kanak-kanak, kita diajarkan untuk tidak membuat kesalahan. Begitu juga yang diajarkan di sekolah. Raymond mencontohkan "kalo misalkan kita ujian, ada pilihan ganda terus kita salah menjawab, jawaban kita akan dicoret dan otomatis kita mendapatkan nilai yang kurang (berkurang). Pokoknya kita di brainwash didoktrin bahwa melakukan kesalahan itu adalah hal yang harus kita jauhi."

Padahal pada kenyatannya melakukan kesalahan adalah hal yang lumrah dilakukan tiap orang bahkan pelajar sekalipun, tapi yang jadi poin utama dari life skills atau pelajaran hidup ini adalah solusi untuk bangkit setelah kita membuat kesalahan. So, rumus nya adalah Make Mistake = Find solution, karena kita tidak akan pernah bisa menghindari kesalahan. Dan selanjutnya skills (pelajaran hidup) yang dikembangkan dari Make Mistake ini adalah bagaimana cara mengambil resiko dan bangkit setelah kita bikin salah.

Framework yang tidak diajarkan di sekolah, sehingga saat akan mengambil hal yang beresiko dan jika ada kemungkinan membuat kesalahan, ini yang harus diterapkan :

1. Mengakui kesalahan, jangan dielak (menolak mengakui nya), karena jika menolak maka tidak akan muncul steps ke dua, yaitu

2. Analisa Masalah, kenapa ketika mengambil pilihan A (resiko A) ini hasilnya jelek / tidak sesuai / salah? apa yang harus dilakukan untuk selanjutnya diperbaiki jika mengulang pilihan yang sama atau sejenis.

3. Tanya diri sendiri pertanyaan yang susah. Raymond mencontohkan "Karena untuk pilihan A (resiko A) kamu kurang pintar dalam menganalisa resiko yang akan didapatkan. Atau bisa juga karena kamu gak bisa mengeksekusi pilihan tersebut."
jadi kita melakukan analisa resiko dari pilihan tersebut maka akan muncul kemungkinan / peluang apa aja yang bisa diambil untuk menghindari kesalahan dari mengambil pilihan tersebut.

4. Ambil pelajaran dan praktekkan ke pilihan selanjutnya

5. Review progress
dan steps ini akan terus terulang untuk pilihan yang kita anggap cukup besar / bersiko besar.

2. Find Opportunities
Raymond dalam video Youtube nya mengatakan "sekolah dari SD, SMP, SMA bahkan kuliah, kalian diajari bagaimana cara bekerja yang baik, tapi tidak diajari bagaimana mencari pekerjaan dengan baik/benar."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline