Lihat ke Halaman Asli

Sekolah Menengah Pertama

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tahun ajaran 2012 – 2013 sudah dimulai dan artinya saya menginjak pendidikan yang lebih tinggi dari SD.

02 Juli 2012. Di sebuah sekolah favorit di Surabaya. Pada hari itu , sekolah tersebut penuh dengan siswa yang telah diterima melalui jalur tes. Tepatnya hari senin , siswa - siswi itu dipecah dan dibagi tiap kelas 38 siswa. Saya masuk kelas B. Perkenalkan namaku RR. Maurien Anggraini , panggil saja Ririen.

Hari pertama masuk sekolah , saya bertemu dengan kakak – kakak pengurus osis yang menjadi pendamping siswa baru agar lebih mengenal tentang rumah kedua kita semua. Teman sebangkuku adalah seorang cewek yang baik tapi agak tomboy. Panggil saja Ela. Kegiatan pada hari ini hanya membagi kelas , mengenal teman – teman baru , menentukan pengurus kelas , menentukan bahan MOS. Kami juga menghafalkan mars smp kita. Jam sudah menunjukkan pukul 10. Sekolah hari ini selesai.

Dirumah , aku langsung istirahat. Seperti hari biasa , saya selalu online akun web saya. Seperti twitter , facebook , email , dan lain – lain. Biasalah orang penting , hehe. Sore harinya aku bermain ke rumah sahabat SDku. Besoknya teman – teman SD saya mengajakku silaturahmi ke guru SD.

09 Juli 2012. Hari ini adalah hari pertama saya MOS. Dengan berseragam SD dan tas karung beras juga memakai topi yang berpita abu – abu dilengkapi identitas diri yang dikalungkan , saya masuk ke kelas dengan percaya diri. Seperti layaknya orang yang gak beres , saya menyapa Ela yang sedang duduk di bangku nya. Saya juga punya kenalan cewek yang baik hati , humoris , suka mengarang dan membaca cerita. Panggil saja Kintan.

(Bel berbunyi) pertanda apel pagi akan segera dimulai. Kami semua berbaris di lapangan . Saat apel , bapak kepala sekolah memberi sambutan dan juga ucapan selamat untuk siswa – siswi yang telah diterima di smp ini. Kurang lebih 20 menit apel pagi berlangsung , akhirnya apel pun selesai. Siswa – siswi terlihat seperti api yang baru disiram air tetapi susah padam.

Hari ini , kakak pengurus osis memeriksa perlengkapan kita dan barang yang kita bawa di tas. Setelah diperiksa , semua murid sekelas ada kesalahan tetapi ada 1 anak cowok yang gak salah sama sekali namanya Alvin. Akhirnya hari pertama MOS kita dapat tausiyah loh. .!! Setelah kena marah , kita langsung ke Aula untuk kegiatan MOS hari ini. Kita diperkenalkan dengan hal – hal baru , pengetahuan tentang sekolah , dan juga teknologi. Kita juga diberi tugas membuat artikel. (singkat cerita) Jam menunjukkan jarum jam menunjukkan pukul 12 siang. Itu artinya sudah waktunya pulang sekolah.

10 Juli 2012. Tepatnya MOS hari kedua. Hari ini , tema MOS nya adalah “Games”. Kami disuruh memakai pakaian olahraga oleh kakak – kakak pendamping kami.

(Bel berbunyi). Semua murid langsung masuk ke kelas masing – masing untuk berdoa. (Berdoa) Setelah selesai berdoa , kami langsung ke halaman sekolah untuk memulai MOS hari kedua. Temanya saja games , pasti seru banget. Games pertama adalah lompat vampire. Di games ini , kita diajarkan untuk konsentrasi dan selalu kompak. Games selanjutnya adalah pindah karpet. Di games ini , kita diajarkan tentang kekompakkan adalah kunci dari sebuah kemenangan. Games ke 3 yaitu keseimbangan balon. Dan games – games selanjutnya. Disetiap games memang mengandung pesan dan kebanyakan adalah kekompakkan. Kekompakkan memang sulit untuk dilakukan tapi menimbulkan hasil yang baik.

(Pulang sekolah) saat sampai di rumah , saya langsung ganti baju dan tidur siang. Bangun tidur , aku langsung buka laptop karena teringat oleh tugas yaitu membuat artikel. Sampai larut malam , aku masih fokus pada laptop. Sampai – sampai saya salah ketik dan akhirnya memperbaiki lagi. (singkat cerita) aku langsung menyimpan file dan mematikan laptop. Waktunya tidur.

Keesokan harinya. Ini adalah hari terakhir MOS. Senang tapi sedih , itulah yang aku rasakan tapi entahlah. Mungkin senang karena tidak dapat ocehan dari pengurus osis dan sedih karena saat – saat kebersamaan di MOS akan hilang. Itulah yang ada dipikiranku. MOS kali ini digunakan untuk mengumpulkan tugas – tugas. Dan MOS kali ini dilakukan di aula saja.

Saat – saat terakhir MOS , seluruh pengurus osis memperkenalkan diri dan jabatannya. Dan yang paling aku ingat selalu adalah seluruh pengurus osis menyanyikan lagu untuk kami semua. Lagu yang sangat menyentuh dan pastinya bagus.

MOS tahun ajaran 2012 – 2013 ditutup. Dan kami semua pulang ke rumah masing – masing. Seperti biasanya , sampai rumah aku gunakan untuk istirahat. Rasanya badan capek semua.

Besok sudah sah jadi murid smp loh. .!! Seragam sudah ganti menjadi putih biru. Rasanya masih tidak percaya kalau aku sudah bertambah dewasa. Dulunya masih gak ngerti apa – apa. Sekarang lebih luas pengetahuannya. Itulah hidup. Terkadang apa yang ada di depan kita tidak terlihat , dan yang jauh dari kita malah lebih terlihat.

Hari ini adalah hari pertama sah menjadi murid smp. Lebih mengenal sekolah dan lebih mengenal teman – teman sekelas. Hari ini memang belum aktif pelajaran jadi pulang masih siang.

Hari – hari berikutnya. Hari ini sudah aktif pelajaran loh. .!! Gurunya lucu – lucu lagi. Pelajaran dilalui dengan santai tanpa beban sedikitpun. Mungkin inilah dimana saat kita harus menikmati hidup ini.

(singkat cerita) Hari ini adalah semester ganjil. Yang pasti makin akrab sama teman – teman dan juga dengan guru. Guru – gurunya asik kalau diajak ngobrol apalagi guru biologi. Aku makin paham dengan sifat – sifat anak – anak sekelas yang mungkin buruk. Mereka selalu main games di laptop , baik saat istirahat maupun jam kosong. Kami semua juga kompak tapi tidak dalam hal kebaikan. Walaupun begitu , aku senang bisa masuk kelas ini karena anak – anaknya yang asik – asik dan juga humoris.

Setelah lama penantian panjang ingin menjadi kakak kelas dan akhirnya hari ini adalah saat yang ditunggu – tunggu yaitu UKK. Bagaikan hantu yang selalu menghantui pikiran , UKK pun datang. Berharap semua nilai 100 dan selalu berdoa agar mendapat yang terbaik.

Selang beberapa hari , UKK pun selesai dan beberapa hari setelah itu ada acara pesta kelas. Senang tapi deg – degan. Senang karena ada refreshing tetapi deg – degan dengan nilai UKK yang belum diketahui. Kelas sudah dihias seperti layaknya anak kecil yang merayakan ulang tahun. Bedanya , di pesta kelas ini ada saat kita main games , ada juga saat kita makan siang bareng dan juga ada saat kita foto bersama untuk kenangan. Pesta kelas sungguh mengesankan. Takkan pernah kulupa memori hari ini. Kebersamaan sungguh indah. Pesta kelas selesai tepat pukul 12 siang.

(singkat cerita) Hari ini adalah hari pengambilan raport. Rasanya jantung berdetak kencang seperti takut ada hal – hal yang tidak diinginkan. Saat aku lihat hasil raport ku , aku bersyukur sekali karena nilai ku lumayan baik dan aku naik kelas! Ingin rasanya teriak sekencang – kencangnya. Horeee. .!! Serasa terbang ke langit bersama burung – burung yang indah.

Beberapa hari setelah rapotan , sekolahku mengadakan Open Air. Semacam pesta gitu deh. Seru banget pokoknya. Ada dance , band , vocal dan masih banyak yang lain nya. Open Air selesai pukul 4 sore. Dan besok , sudah mulai libur.

Liburan kenaikan kelas. Itulah yang sedang saya jalani sekarang. Saya memanfaatkan waktu liburan saya dengan belajar untuk persiapan kelas 8 , dan juga saya isi dengan hal – hal yang baik seperti mengaji , dan lain – lain. Tak terasa sudah 3 minggu saya tidak sekolah.

Hari pertama masuk sekolah dan pastinya menjadi kakak kelas. Whahaha. . .!! Saat sampai sekolah , saya tidak percaya kalau anak kelas 7 tahun ini lebih kecil dari anak kelas 7 tahun kemarin. Bukan maksud mengejek loh. . Saat lihat anak kelas 7 MOS , jadi ingat dulu waktu MOS (sedih).

Kelas baru tapi belum tentu teman juga baru. Ternyata teman sekelasku sama seperti dulu kelas 7. Tetap bersyukur karena biar lebih akrab lagi. Tapi , ada gak enak nya yaitu gak bisa kenal teman – teman baru.

Kelas 8 ini dijalani seperti biasanya. Tugas lebih banyak dan numpuk di rumah. Dan pelajaran makin sulit. Tetapi tidak ada yang sulit di dunia ini jika kita mau berusaha dan berdoa. Cuman itu kuncinya.

Sampai sekarang saya masih kelas 2SMP (8). Alhamdulillah nilai saya masih bisa dipertahankan dan semua tugas dapat terselesaikan dengan baik. Artinya masih aman terkendali.

Meskipun banyak cobaaan dan rintangan yang mengahalangi mimpiku untuk terus menjadi yang terbaik , aku akan tetap semangat dan melawan semua rintangan. Semangat. .!! You’re the best. .!!

Karya : Raden Roro Maurien Anggraini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline