Praktek pengalaman lapangan terpadu disingkat PPLT merupakan sebuah proses yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa IKIP Gunungsitoli untuk memperoleh pengalaman mengajar serta melatih diri untuk mengetahui bagaimana menjalankan tugas seorang guru, pra menjadi guru. PPLT ini sangat berpengaruh sekali untuk mahasiswa karena ini salah satu persyaratan dalam pembentukan mahasiswa supaya jadi calon seorang guru.
Kegiatan ini juga merupakan ajang untuk membentuk dan membina kompetensi -- kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Sasaran yang ingin dicapai dalam melaksanakan PPLT ialah kepribadian calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai, sikap, pola perilaku yang diperlukan bagi profesi dan cakap menerapkannya dalam menyelenggarakan pendidikan baik disekolah maupun diluar sekolah.
dalam melaksanakan PPLT mahasiswa tidak hanya belajar untuk mengetahui tugas dan menjadi seorang guru yang profesional tetapi mahasiswa dapat belajar bagaimana cara untuk berinteraksi terhadap masyarakat. Nah oleh sebab itu maka mahasiswa harus melaksanakan PPLT ini karena pengaruhnya terhadap mahasiswa sebagai calon pendidik begitu besar. Tentu pelaksanaan PPLT kali ini tertunda dikarena pandemi yang sedan melanda dunia.
Menyaksikan kondisi seperti ini mahasiswa penting untuk menawarkan solusi lain kepada pihak kampus untuk dapat menyikapi persoalan ini. Mahasiswa perlu minta petunjuk atau kebijakan kepada pimpinan kampus bagaimana solusi yang harus ditempuh untuk mencapai persyaratan calon seorang guru supaya tidak ketertinggalan dalam pengalaman yang telah diuraikan diatas. Mahasiswa perlu mengetahui jika tidak mengikuti PPLT maka mahasiswa sudah kehilangan satu kesempatan emas untuk melatih diri menjadi seorang guru profesional.
Jika PPLT ini tidak dilaksanakan maka mahasiswa selama 6 bulan hanya mengontrak mata kuliah PPLT dengan bobot 5 SKS tetapi tidak melaksanakannya. Oleh sebab itu mahasiswa baiknya perlu ditempuh solusi lain agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang baru baik itu pengalaman praktek mengajar maupun pengalaman berintaraksi terhadap masyarakat .
Karena PPLT ini dirasa sangat perlu sebagai bekal seorang mahasiswa sebelum menjadi guru tentu diharapkan ada upaya upaya lain dilakukan untuk membuat kebijakan agar proses berlatih diri selama 6 itu tetap dilaksanakan meskipun dalam nama dan konteks yang berbeda tetapi tujuan tetap sama. Point dari PPLT itu memberi contoh dan mengadopsi hal-hal yang baik lain yang belum diketahui sebelumnya artinya mengajar sambil belajar.
PENULIS
EPICER NDRURU
(Mahasiswa IKIP Gunungsitoli Jurusan PKn)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H