Lihat ke Halaman Asli

Sorot

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Panen Padi Hingga 6,5 Ton Per Hektar, Penjabat Bupati Tala Berharap Ketahanan Pangan Bisa Terjaga

Diperbarui: 29 November 2023   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Diskominfo Tala

Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar yang berhak didapatkan oleh setiap manusia. Setiap daerah memiliki kekhasan pangan lokalnya yang sangat berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan. Salah satunya adalah beras sebagai bahan makanan pokok yang sering diidentikkan dengan ketahanan pangan.

Hal inilah yang berusaha dicapai oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala yang berhasil melakukan panen padi dari varietas lokal Siam Lani hingga mencapai produktivitas 6,5 ton per hektar.

Penjabat (Pj) Bupati Tala, Ir. H. Syamsir Rahman didampingi Kepala Distanhorbun Tala, Ir. Faried Widiyatmoko bersama jajarannya dan para penyuluh pertanian melakukan panen langsung di lahan belakang Kantor Distanhorbun Tala pada Kamis pagi (9/11/2023).

Pj. Bupati Tala menyebutkan, ini adalah bukti perjuangan tanpa kenal lelah dan contoh nyata yang diperlihatkan oleh Distanhorbun sehingga mampu menuai hasil demikian. Dan Ia juga akan memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala memeriksa kondisi lahan pertanian lainnya yang tersebar di Tala.

"Luar biasa, pada kondisi musim kering dan cuaca yang seperti ini, berkat perjuangan yang sungguh-sungguh dan tidak mengenal waktu. Hasil tidak pernah mengkhianati usaha," ujar Pj. Bupati Tala .

Pj. Bupati Tala pun berharap ketahanan pangan di Tala bisa tetap terjaga sehingga terus menjadi salah satu daerah dengan produktivitas padi tertinggi di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dengan demikian ketahanan pangan di daerah bisa dicapai.

"Kita juga telah menyaksikan para petani di kecamatan-kecamatan yang begitu kesusahan hingga gagal panen, kita akan bantu terjunkan POPT," tambah Pj. Bupati Tala.

Sumber: Diskominfo Tala

Selain melakukan panen padi tersebut, di kesempatan yang sama Pj. Bupati Tala bersama rombongan juga melakukan tanam padi dengan varietas serupa di area lahan Distanhorbun Tala.

Dunia pertanian juga memerlukan adanya regenerasi. Tidak hanya para orang tua saja yang berkecimpung berkarir. Diharapkan generasi muda juga mulai terlibat untuk terjun dan berkarir dalam dunia pertanian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline