PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN MEDIA BERDIFERENSIASI
Pendahuluan
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, tujuan pendidikan sesuai UU. No. 20 tahun 2003 untuk mengembangkan potensi para pelajar dalam hal ini peserta didik agar bisa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Kemajuan teknologi saat ini sangat dirasakan dampaknya oleh siswa yaitu mereka dapat memperoleh dengan mudah berbagai pengetahuan melalui akses internet. Hal ini berdampak terhadap guru dalam mentransfer semua pengetahuan yang dimilikinya, mulai dari model, media bahkan sumber belajar yang digunakan. Oleh sebab itu perlu menerapkan pembelajaran inovatif dan menyenangkan melalui praktik baik di SMK Negeri 1 Kepulauan Aru, agar dapat memberikan motivasi rekan guru lainnya untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sesuai kemampuan peserta didik zaman ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah mengapa praktik baik ini penting adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada materi memahami penggunaan alat ukur pada mata pelajaran Dasar – dasar Teknik Otomotif sehingga pembelajaran menjadi kaku dan tidak menyenangkan. Hal ini membuat guru merancang pembelajaran yang menarik dan lebih menyenangkan terhadap pembelajaran yang telah dirancang.
Pembahasan
Dari penyebab diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru adalah :
Guru perlu menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa
Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda.
Guru perlu merancang materi pembelajaran yang lebih menarik