Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim I Undip Lakukan Pengelolaan untuk Hidupkan Kembali Perpustakaan

Diperbarui: 14 Februari 2023   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Program (Dokumentasi Pribadi)

Boyolali, (7/2/2023)  ̶ Koleksi perpustakaan adalah semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam dalam berbagai media. Sebagai sebuah unsur utama perpustakaan, maka sangat perlu untuk menghimpun, mengolah, dan melayankan koleksi perpustakaan. Hal-hal tersebut dapat dicapai dengan melakukan pengolahan bahan pustaka berupa inventarisasi bahan pustaka.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro di Perpustakaan KBIT dan TKIT Az-Zahra. Perpustakaan tersebut memiliki banyak koleksi yang menarik, baru, dan sangat cocok untuk digunakan baik oleh guru maupun siswa. 

Namun, sangat disayangkan bahwa koleksi-koleksi tersebut belum diolah dengan baik. Melalui program kerja “Inventarisasi dan Pemasangan Label Berwarna Koleksi Perpustakaan KBIT dan TKIT Az-Zahra” mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro membantu pihak pengurus sekolah dan guru untuk mengolah koleksi-koleksi agar dapat dilayankan kepada seluruh warga sekolah selaku pemustaka. Program kerja tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KKN Tim I Universitas Diponegoro periode 2022/2023 di Desa Karangmojo, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada bulan Januari hingga Februari 2023.

Tujuan dari program ini adalah untuk menghimpun data koleksi yang dimiliki perpustakaan, mengorganisasi koleksi, dan memudahkan proses temu balik informasi melalui label berwarna yang dipasang pada setiap koleksi. Kegiatan dilakukan dengan cara menghimpun koleksi dan mengelompokkan koleksi berdasarkan penggunanya, yaitu TK A (4-5 tahun), TK B (5-6), dan umum. Selanjutnya, koleksi akan dikelompokkan lagi berdasarkan kelas-kelasnya dengan berpedoman pada sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification).

Koleksi-koleksi tersebut diinventarisasi menggunakan SLIMS (Senayan Library Management System). Koleksi yang telah diklasifikasi dan diinventarisasi akan diberikan label berwarna sesuai dengan kelasnya. Label berwarna ini bertujuan untuk menyederhanakan sistem klasifikasi sehingga memudahkan untuk mengatur dan mencari koleksi. Koleksi yang sudah siap akan ditata dalam rak dan dilayankan kepada pemustaka. 

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah dengan memberikan edukasi kepada pengurus sekolah terkait proses pengolahan bahan pustaka dan penggunaan SLIMS. Program ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan sekaligus menghidupkan kembali perpustakaan KBIT dan TKIT Az-Zahra, Desa Karangmojo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline