Lihat ke Halaman Asli

Sopa Marwati

Mahasiswa KKN-T PPD Covid-19 UPI 2020

UPI Wajibkan Mahasiswa Turun Aktif dalam Bidang Pendidikan di Era Pandemi, KKN-T PPD Covid-19 Gel II

Diperbarui: 23 Desember 2020   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi Virus Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini, sehingga berdampak ke beberapa sektor termasuk bidang Pendidikan. Adanya Covid-19 ini mengharuskan semua masyarakat untuk tetap stay dirumah dan dilarang untuk berkerumun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menerbitkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). 

Salah satunya tentang pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring ini dilaksanakan dirumah masing-masing menggunakan berbagai aplikasi pembalajaran atau aplikasi vidio conference yang membantu terlaksananya pembelajaran secara baik. Pembelajaran daring atau jarak jauh difokuskan ke pemahaman siswa mengenai wabah Covid-19. Pembelajaran dapat bervariasi antar siswa sehingga siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam belajar.

Peran Mahasiswa dalam hal ini penting dilakukan dalam upaya bimbingan kepada siswa yang tengah melakukan pembelajaran secara daring agar lebih menyenangkan. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN-T PPD Covid-19). KKN ini dilakukan secara daring dalam upaya pengabdian kepada masyarakat salah satunya Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan.

Berbagai Kegiatan dilakukan oleh Mahasiswa dalam Upaya Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan. Dalam hal ini Edukasi diberikan kepada sekolah RA Darussalam Tasikmalaya, yaitu dalam penguatan pembelajaran daring untuk 2 guru, pendampingan pembelajaran daring siswa seperti bimbingan dalam hal pembelajaran yang sedang dilakukan, dan Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring seperti tips mendampingi anak belajar dari rumah, kunci pembelajaran dirumah bermakna dan menyenangkan. Dalam hal ini juga mahasiswa berperan membantu sekolah dalam pembuatan media pembelajaran dan administrasi sekolah.

Selama pendampingan pembelajaran disekolah terdapat masalah yang di alami, seperti kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. Dalam masalah ini kita bisa memberi pemahaman kepada orang tua siswa tentang bagaimana cara atau tips agar anak tidak mudah bosan ketika belajar dirumah.

kunci-5fe2ef67d541df34747ca7f2.jpg

Dengan permasalahan yang dialami, kita bisa ambil hikmahnya. Pandemi menuntut semua orang untuk berpikir lebih jauh dan kreatif dalam hal teknologi komunikasi dan informasi. Selain itu saya mengaku senang karena dapat berkontribusi secara langsung di lingkungan tempat tinggal sendiri dan memberikan dampak positif bagi sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa dalam kegiatan KKN yang telah dilakukan oleh salah satu mahasiswa UPI ini.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline