Lihat ke Halaman Asli

Sony Sugiharto

Teman Bermain

Permainan Bola Bekel

Diperbarui: 21 Januari 2024   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi di UDINUS

Permainan bekel merupakan permainan tradisional yang mendapat pengaruh dari budaya Belanda, sebab kata bekel sendiri berasal dari bahasa Belanda bikkelspel atau bikkelen. 

Permainan ini menjadi salah satu permainan populer yang dapat dimainkan oleh laki-laki dan kebanyakan dimainkan oleh perempuan dengan minimal 2 pemain mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. 

Bola yang digunakan bermain terbuat dari karet dengan diameter 3 cm, sementara biji-bijiannya dari bahan kuningan, timah, hingga plastik. Pemain cukup duduk santai dilantai atau dikursi dengan bermain dimeja tanpa berpindah-pindah tempat, tapi tetap harus fokus pada jalannya permainan.

Peraturan permainan bervariasi menyesuaikan biji-bijian yang digunakan, ada yang hanya bermain dalam 1 set pertama dengan permainan sederhana mengambil satu persatu kemudian naik level mengambil dua-dua dan begitu seterusnya. Dan ada variasi permainan set 2 - 5 yang mengharuskan biji-bijian disusun terlebih dahulu dengan bentuk tertentu yang diatur sesuai urutan. 

Adapun penyebutan urutannya yaitu Pit, Ro, Cin, dan Peng. Biji yang digunakan bermain mulai dari 4 hingga 10 biji, akan tetapi secara umum permainan ini menggunkan 5 buah biji.

Cara bermain yang dilakukan dengan duduk bersama dapat menjadi momen harmonis antar teman maupun bagi anak dengan orang tuanya. Di balik permainan ini, terkandung makna filosofis menurut adat Jawa yang memercayai bahwa bola bekel adalah simbol hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesama manusia yang dapat diterapkan selama bermain dengan mengambil 5 buah biji secara berurutan. Simbol dalam permainan bola bekel diantaranya yaitu:

  • Bahwa manusia harus memiliki iman kepada Tuhan yang diletakkan sebagai tujuan utama hidup
  • Bahwa manusia itu pada dasarnya makhluk yang suci lahir batin
  • Bahwa manusia mampu memahami mana yang baik dan mana yang buruk
  • Bahwa manusia harus menjaga hubungan antar sesama
  • Barang siapa yang menjalankan perintah Tuhan dan menghindari larangan-Nya akan hidup sejahtera

Menentukan giliran bermain

Ketika akan memulai permainan, perlu ditentukan terlebih dahulu giliran bermain dengan cara mengambil biji-bijian dalam genggaman 1 tangan, kemudian melempar kearah atas dan setelah itu berusaha menangkapnya kembali. Para pemain bisa melakukan secara bergantian, bagi pemain yang memperoleh jumlah biji terbanyak maka akan mendapatkan giliran lebih awal. Cara menentukan giliran bermain dapat juga ditentukan dengan hompimpa atau suit.

Langkah-langkah bermain:

  1. Pemain menentukan giliran bermain yang terlebih dahulu
  2. Permainan diawali dengan melemparkan bola keatas, pada saat bola melambung dilakukan penyebaran biji bekel.
  3. Permainan bola bekel dibagi dalam 5 set/babak, yaitu tahap pertama mengambil biji bekel satu persatu. Jika semua biji bekel sudah ditangan maka langsung disebar kembali dan melanjutkan dengan mengambil 2 biji bekel setiap melempar bola, kemudian dilanjutkan 3, 4, hingga jumlah biji bekel terakhir.
  4. Setelah set pertama selesai, set selanjut sedikit berbeda yaitu dengan memposisikan biji bekel sesuai urutan Pit, Ro, Cin, dan Peng. Jadi mengambil biji bekel harus mengubah posisi yang sama sesuai urutan dan mengambil mulai dari bilangan 1 s/d maksimal jumlah biji bekel yang digunakan.
  5. Cara bermain dengan melempar bola keatas dan sekaligus mengubah posisi biji bekel yang harus disamakan sesuai bentuk urutannya. Kemudian setelah biji bekel sudah dalam posisi sama selanjutnya mengambil biji bekel satu per satu sampai semua biji dapat diambil. Setelah semua biji dapat terambil maka set pertama selesai, dilanjutkan seperti set sebelumnya yaitu dengan melempar bola dan menyebar biji bekel kembali, harus dilakukan dalam satu lambungan bola. Dilanjutkan mengambil biji bekel 2 buah sekaligus, begitu seterusnya sampai dengan jumlah biji-bijian terbanyak.
  6. Jika set Pit sudah selesai maka dilanjutkan memulai set selanjutnyta yaitu Ro dengan memposisikan biji bekel dengan sama dan mengambil dari 1 biji bekel satu per satu terlebih dahulu. Tahap ini berlaku hingga ke set Peng.
  7. Jika sudah berhasil sampai pada set terakhir yaitu set Peng, maka pemain dinyatakan berhasil menyelesaikan permainan.
  8. Bagi yang dapat menyelesaikan set paling banyak maka dinyatakan sebagai pemenang.

Berikut posisi biji bekel sesuai urutan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline