Lihat ke Halaman Asli

Sony Sugiharto

Teman Bermain

Project Sustainability

Diperbarui: 28 November 2022   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Manusia hadir di dunia tidaklah hanya sebatas menjalani keseharian, memenuhi kebutuhannya, dan mempertahankan hidup. Manusia dicipatakan melainkan memiliki tujuan  untuk beribadah kepada Allah SWT dan memakmurkan bumi. Dengan kata lain manusia hidup dari adanya yang menghidupkan, dengan itu menjadikan manusia dapat menjalani kehidupan penuh rasa syukur dengan wajib untuk melakukan ibadah. Dilain sisi tujuan yang satunya yaitu dengan menjaga, merawat, dan memperbaiki bumi sebagai tempat tinggal agar kelangsungan hidup manusia dan sesamanya dapat tetap terjaga. Antara kedua tujuan tersebut manusia diharapkan dapat sama-sama menjalani dan atau melaksanakannya tidak hanya mencapai salah satu melainkan keduanya untuk memperoleh keseimbangan.

Selama menjalani hidup sebagai seorang manusia, dapat dikatakan baik jika mampu memberikan manfaat untuk orang lain. Dengan memberikan manfaat tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui inovasi-inovasi yang diciptakan. Menurut Kang Adnan dalam mentoring ke-3 disampaikan terkait syarat adanya inovasi dimulai dari adanya perbedaan hingga menuju penggunaan, syarat tersebut tersusun diantaranya:

  • Baru/berbeda, inovasi yang diciptakan belum pernah ada atau bersifat pengembangan dari produk awal menjadi hal yang berbeda.
  • Nilai manfaat, inovasi yang diciptakan dapat memberikan manfaat terhadap manusia dan bukan memberikan dampak yang negatif.
  • Kecocokan, inovasi yang diciptakan dapat diminati dan atau bermanfaat sehingga masyarakat dapat  menggunakannya.

Dalam menciptakan suatu inovasi diharapkan tidak hanya bertahan hingga inovasi yang diciptakan berhasil, melainkan perlu adanya keberlanjutan dan mengurusi agar inovasi yang ada dapat bertahan dan berkelanjutan dengan penyesuaian terhadap perkembangan zaman. Untuk dapat menjalankan inovasi/project secara berkelanjutan perlu memperhatikan tiga alasan berikut yang menyebabkan project tidak lanjut:

  • Pihak yang tergabung tidak passionate dalam project
  • Solusi dan penyelesaian masalah yang tidak relevan
  • Tim yang tidak kompeten

Dilain sisi untuk dapat meraih kesuksesan terdapat tiga hal yang perlu dimaksimalkan, yaitu kemampuan -- kesempatan -- kemauan. Tiga hal tersebut harus dapat berjalan beriringan agar rencana atau keinginan dalam berinovasi mencapai kesuksesan. Dapat dikatakan sukses jika berhasil dalam mencapai yang diinginkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline