Apakah kamu suka menonton TV selama puasa? Jika suka, sudah barang tentu kalian pasti sering menyimak iklan-iklan di tv yang tema dan latar belakang ceritanya tentang kebaikan, ketulusan dan serangkain kisah-kisah lain selama ramadhan.
Tetapi iklan ramdhan yang kini ditayangkan bukan hanya bisa ditonton melalui layar kaca. Perkembangan teknologi yang pesat dan modern membuat siapa saja bisa menyimak iklan-iklan bernuansa Ramadhan darimana saja dan kapan saja.
Jika kalian bertanya, apa iklan Ramadhan yang paling berkesan menurut saya, maka saya hanya mengingat iklan Ramadhan yang dipersembahkan oleh PT. Djarum. Mengapa PT Djarum? Bukankah PT Djarum itu pabrik rokok?
Yap betul, PT. Djarum adalah pabrik rokok dan perusahaan rokok ternama. Saat ini PT. Djarum bukan hanya bergerak sebagai komersialisasi merek rokok, tetapi juga mengembangkan yayasan sosial seperti sekolah bulu tangkis Djarum dan semacamnya.
Saya memilih iklan Djarum sebagai iklan paling berkesan karena menurut saya iklan yang ditampilkan sangat menyentuh relung hati yang paling dalam. Iklan-iklan yang dipersembahkan khusus selama bulan Ramadhan ini biasanya menceritakan tentang kebaikan antar sesama manusia.
Beda dengan iklan dari merek yang lain, Djarum memproduksi iklan yang sarat makna sosial. Jika kita hanya melihat sekilas, mungkin boleh jadi kita bertanya-tanya dan menyimpulkan bahwa Djarum memproduksi iklan yang sifatnya hanya dan seputar tentang tokok. Seperti mengajarkan orang merokok, promosi rokok jenis A, promosi rokok dengan rasa dan varian yang berbeda. Yah pasti beitu.
Tetapi jika dilihat secara lebih dalam dan sedetail Sri Mulyani menghitung APBN agar tak defisit, maka iklan Djarum adalah juaranya iklan selama bulan Ramadhan. Jika kamu bertanya-tanya iklan Djarum itu seperti apa, atau mungkin saja dari antara kamu ada yang ingat, berikut nonton dulu salah satu video iklan dari PT. Djarum. Semoga kamu ingat dan tidak bertanya-tanya lagi.
Sebagai seorang yang tidak mengetahui terlalu dalam tentang iklan, sinematografi dan artistik. Saya yang bukan siapa-siapa ini menilai iklan dari PT. Djarum sangat bernas.
Isi, harapan dan pesan yang disampaikan mampu dicerna oleh semua orang. Serta pesan yang timbul dari iklan tersebut bagi manusia adalah memanusiakan dirinya dan manusia selain. Serta bagaiamana sesama manusia itu saling bergantung satu sama lain terlebih lagi bergantung kepada Tuhannya.
Kehidupan-kehidupan yang sulit, merupakan latar belakang yang sering dijadikan oleh PT. Djarum untuk membuat iklan. Diiringi dengan backsound yang sedih, malah membuat orang jadi betah untuk menikmati iklan ini sampai habis.
Dibalik latar belakang dan musik yang sedih dimulailah kisah-kisah kehidupan itu. Misalnya seperti pada video iklan diatas. Videonya bercerita tentang bagaimana setiap masing-masing orang memiliki beban hidupnya sendiri-sendiri. Masalah itu kemudian ditulis dalam kertas-kertas note yang kecil. Pelan-pelan masalah yang sudah dituliskan itu semakin banyak saja jumlahnya.