Lihat ke Halaman Asli

Belajar Membuat Basis Data dengan Menggunakan Bahas Pemrograman SQL

Diperbarui: 10 Juni 2023   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Guru dituntut untuk memberikan pembelajaran yang dapat memompa semangat siswa, salah satu upaya untuk memberikan pembelajaran yang menarik minat belajar siswa adalah dengan memberikan porsi praktikum lebih banyak pada siswa di sekolah, apalagi di SMK porsi praktikum bisa mencapai 70% ini dikarenakan tujuan dari SMK sendiri yang lulusannya diharapkan dapat memilih tiga arah tujuan setelah mereka lulus sekolah yaitu Bekerja, Wirausaha atau Melanjutkan ke perguruan tinggi.

Melihat tujuan dari SMK yang mengharapkan lulusannya dapat langsung bekerja, maka pembelajarannya harus disesuaikan dengan kebutuhan tersebut, salah satunya dengan memberikan pembelajaran berbasiskan praktik langsung agar kemampuan siswa pada bidang yang dipilihnya dapat terus diasah secara mendalam sehingga menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan bidang yang tinggi.

Untuk itu, saya sebagai pengajar pada jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMKN 1 Bojong merancang sebuah video tutorial untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi ajar Basis Data, pada video yang telah diupload pada platform youtube dijelaskan secara rinci bagaimana caranya untuk membuat dan mengolah data dengan baik.

Bahasa pembrograman yang digunakan dalam membuat dan mengolah Basis Data adalah SQL (Structure Query Languange), bahasa ini dapat digunakan untuk membuat, mengolah dan memanipulasi data yang berbasis relasi. Adapun jenis perintah SQL dalam pembelajaran Basis Data ini adalah DDL (Data Definition Languange) dan DML (Data Manipulation Languange).

  • DDL (Data Definition Languange)
  • Simak video perintah DDL dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=tnDIcgWvuPs&t=3s

  • DML (Data Manipulation Languange)
  • Simak video perintah DML dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=Sql2Wsy3yPs




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline