Lihat ke Halaman Asli

Ari Sony

TERVERIFIKASI

Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Jangan Terima Emil Audero Jadi Kiper Timnas Indonesia?

Diperbarui: 5 Juni 2023   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kiper Sampdoria, Emil Audero. Foto: (CARLO HERMANN/via KOMPAS.COM)

Dalam beberapa hari terakhir, santer terdengar kabar bahwa Emil Audero, akan melengkapi kepingan puzzle pemain keturunan yang akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Hal ini didasari karena, tiba-tiba saja Kiper klub Sampdoria tersebut, memfollow akun Instagram milik Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Bak gayung bersambut, Erick Thohir pun segera memfollow balik akun Instagram milik Emil Audero. Sontak saja, hal ini membuat para netizen pecinta sepakbola tanah air berspekulasi liar. Pemberitaan di media online maupun di media sosial, langsung diserbu beragam komentar dari netizen Indonesia.

Soal kans, Emil Audero berseragam Timnas Indonesia, membuat pecinta sepakbola tanah air, terpecah menjadi dua kubu, yaitu kubu "Siap Menerima" dan kubu "Jangan Diterima".

Kesuksesan Timnas Garuda muda meraih medali emas Sea Games 2023, menjadi salah satu titik balik kemajuan sepakbola Indonesia. Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, memasang target tinggi dan tidak main-main dengan prestasi Timnas Indonesia.

Efek dan tuah dari Erick Thohir langsung terasa, sejak ia terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. Medali Emas Sea Games 2023, kerjasama dengan Federasi sepakbola Jepang, kedatangan Timnas Argentina ke Jakarta dalam laga FIFA Matchday Juni 2023 dan hadirnya beberapa mantan pemain bintang dunia untuk memberikan coaching clinic kepada para pemain muda.

Beberapa hal di atas, menjadi bukti nyata bahwa Erick Thohir tidak main-main dalam menjalankan roda persepakbolaan Indonesia. Sadar bahwa dengan skuad saat ini, Timnas Indonesia tak bisa melangkah jauh di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Maka, setelah berdiskusi dengan Coach Shin Tae-yong (STY), Erick Thohir berencana membidik beberapa pemain keturunan untuk dinaturalisasi.

Hal ini, diungkapkan oleh salah satu Exco PSSI, Hasani Abdulgani di akun media sosial. Hasani Abdulgani menyatakan, bahwa Erick Thohir dan STY sedang mencari pemain keturunan "Grade A" yang bermain di eropa.

Setelah niatan Erick Thohir dan STY untuk memperkuat Timnas Indonesia dibocorkan oleh Hasani Abdulgani. Netizen kemudian ikut "urun rembug" atau mengusulkan beberapa nama untuk segera dinaturalisasi. Diantaranya adalah, Thom Haye, Jairo Riedewald, Pascal Struijk, Emil Audero, Ragnar Oratmangoen, Kevin Dijk, Jay Idzes dan kembali mengejar Justin Hubner.

Dari beberapa nama di atas, yang paling menarik perhatian tentu saja, Emil Audero. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ayah Emil Audero, yaitu Edy Mulyadi pernah menolak anaknya untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Sebagai kiper utama Sampdoria, yang mentas di kasta tertinggi Liga Italia, Serie A, ayah Emil optimis jika anaknya akan dipanggil Timnas Italia.

Alasan Edy Mulyadi, cukup kuat saat itu, karena Emil Audero pernah menimba ilmu di akademi Juventus. Sehingga secara perlahan, ia mampu menembus tim Juventus U-17, Juventus U-19, bahkan masuk tim senior Juventus pada tahun 2015. Tidak hanya itu, Emil Audero juga pernah berseragam Timnas Italia U-21.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline