Lihat ke Halaman Asli

Ari Sony

TERVERIFIKASI

Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Hanya Butuh 3 Laga, Timnas Indonesia Melesat Mengungguli Thailand, Vietnam dan Malaysia

Diperbarui: 30 Desember 2022   04:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi gol Marc Klok saat lawan Thailand. (Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY/via KOMPAS.COM)

Timnas Indonesia tampil mengecewakan saat bermain imbang melawan Thailand, dengan skor 1-1, dalam lanjutan babak penyisihan grup A Piala AFF 2022, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022) Sore WIB. Hasil ini menempatkan skuad Garuda diposisi kedua klasemen sementara grup A di bawah Thailand. Kedua tim sama-sama mengoleksi 7 poin, tetapi Thailand unggul dalam hal jumlah selisih gol.

Sementara dalam urusan membuang peluang emas, Timnas Indonesia mengungguli Thailand, Vietnam dan Malaysia. Dalam 3 laga babak penyisihan grup A, tim asuhan Coach Shin Tae-yong (STY) banyak membuang peluang emas.

Mengutip data statistik pertandingan dari livescore.com, dalam urusan shots off target, Timnas Indonesia telah membuang 22 kesempatan mencetak gol, diantaranya dua peluang emas 24 karat, milik Hansamu Yama saat melawan Brunei Darussalam dan Witan Sulaeman saat melawan Thailand.

Hansamu Yama dan Witan Sulaeman gagal menceploskan bola ke gawang lawan, padahal posisi gawang kosong melompong tanpa penjagaan seorang kiper. Komentator Piala AFF 2022 dalam bahasa Inggris bahkan menyebutkan, jika kegagalan Hansamu Yama, menyelesaikan peluang emas menjadi kegagalan terburuk sepanjang tahun 2022 dalam berbagai ajang sepakbola.

22 peluang emas tersebut terperinci dalam 3 pertandingan berikut:

  • 5 shots off target lawan Thailand
  • 9 shots off target lawan Brunei Darussalam
  • 8 shots off target lawan Kamboja

Dalam urusan shots off target, Thailand membuang 20 peluang emas, sementara Vietnam membuang 17 peluang emas (dalam 2 laga) dan Malaysia membuang 18 peluang emas.

Sedangkan dalam urusan shots on target, mengutip dari situs yang sama, total Indonesia melakukan 22 tembakan mengarah ke gawang lawan.

Jadi total dalam 3 pertandingan, Timnas Indonesia mendapatkan 44 kesempatan mencetak gol. Hanya saja, yang bersarang ke gawang lawan berjumlah 10 gol. Jika dilihat berdasarkan presentase, gol Timnas Indonesia mencapai 22,7 persen, dari total peluang yang didapat.

Jadi butuh berapa peluang, agar Timnas Indonesia mencetak satu gol ke gawang lawan?

Jika melihat statistik pertandingan di atas, tim asuhan coach STY membutuhkan 4,4 peluang agar bisa mencetak satu gol. Kondisi ini, akan menyulitkan Timnas Indonesia saat berlaga dibabak semifinal, karena lawan dibabak semifinal akan lebih berat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline