Lihat ke Halaman Asli

Peran Agama Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme serta Edukasi Lembaga Keuangan Syariah di Era Digital Pada Masyarakat Desa Cicadas Gunung Putri

Diperbarui: 11 Maret 2023   05:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Ketua Pokja dan Tokoh Masyarakat

Universitas  Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Agama Islam telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Sosial yang disertakan oleh 3 program studi  yang terdiri dari Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Perbankan Syariah. "KKS dilaksanakan sebagai tujuan untuk memberanikan diri dalam mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan mahasiswa uhamka pada lingkungan masyarakat." Ujar Bapak Doni Wahidul Akbar, M.Hum selaku Dosen Pembimbing.

Mahasiswa kelompok 18 FAI UHAMKA yang terdiri dari 3 program studi yang masing-masing beranggotakan 6 orang dari PAI, 3 orang dari PBA dan 3 orang dari PS dengan maksud menjadikan desa Cicadas Gunung Putri, Bogor Jawa Barat sebagai lokasi untuk dijadikan Kuliah Kerja Sosial yang berlangsung selama 3 minggu terhitung dari 14 Februari - 3 Maret 2023 tepatnya di RT 01.

Karakteristik Lingkungan desa Cicadas yang kaya akan lapangan pekerjaannya, pendidikan tak kalah hadirnya. Intansi pendidikan yang berada di wilayah Cicadas ini sangat beragam dari Taman Kanak-kanak hingga tingkat Universitas baik itu berstatus swasta ataupun negeri. Salahsatu objek yang dijadikan sebagai tempat KKS selama berkegiatan bertempat di TK-TPQ Baiturrohim, kami juga disambut dengan hangat oleh lingkungan masyarakat Baiturrohim.

Bersama adik adik TK Baiturrohim

Foto bersama Kepala Sekolah TK Baiturrohim

Program kerja yang sudah terlaksana dari tiap tiap program studi yaitu :

1. Mengajar mengaji praktek wudhu dan tayamum serta tata cara sholat. Proram kerja yang pertama ini sebagai acuan untuk masyarakat Cicadas bahwa pentingnya mengenal sejak dini ilmu pendidikan islam lebih khusus untuk anak anak agar menumbuhkan rasa cinta terhadap islam serta melahirkan muslim yang kaffah.

Kegiatan Mengaji Bersama

Kegiatan Praktik berwudhu

Praktik Tata Cara Sholat

2. Seminar Edukasi Pendidikan. Selain menumbuhkan rasa cinta terhadap islam, program kerja selanjutnya dengan memberikan edukasi bahwa betapa pentingnya ilmu pendidikan. Edukasi ini bertujuan membangun wawasan yang luas tentang dalam nya ilmu pendidikan yang nantinya sebagai salahsatu munculnya lapangan pekerjaan.

Karang Taruna Desa Cicadas

Kegiatan Seminar Pendidikan oleh Dosen Pembimbing 

3. Rumah Belajar Bahasa Arab: Ta'aruf, Al-waan, Al-Mihnah serta games Talking stick . Program kerja selanjutnya mengenai bahasa arab dasar yang bertujuan dengan hanya tidak  mengetahui bahasa indonesia saja, melainkan bahwa belajar bahasa arab juga tak kalah asiknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline