Lihat ke Halaman Asli

Sonya Yolanda

Mahasiswa

Hadapi Stress pada Ibu, Mahasiswa KKN UNDIP Bagikan Teknik Pengelolaan Stress yang Mudah bagi Ibu

Diperbarui: 6 Agustus 2023   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Pendampingan dengan Ibu Muda Kelurahan Beji  (Dok: Pribadi)

Wonogiri (31/07/2023) - Semakin pesatnya perkembangan zaman dan tuntutan hidup modern seringkali menimbulkan tekanan pada perempuan, terutama ibu muda. Mengelola stress menjadi salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh mereka dalam menjalankan peran ganda sebagai ibu dan anggota masyarakat aktif. Untuk mengatasi hal ini, Salah Satu Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 melakukan pendampingan pada Ibu muda, Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2023 pukul 10.00 WIB di Gedung Keluarga Berencana Kelurahan Beji.

Dalam program ini, ibu muda juga diajarkan beragam teknik pengelolaan stres yang efektif dan gampang untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa teknik tersebut meliputi:

  • Jangan sungkan minta bantuan kepada orang lain. Dalam kegiatan sehari-hari, Ibu memiliki banyak peran baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial mereka, untuk itu jika Ibu mengalami kesulitan dalam kegiatan sehari-hari, ada baiknya bagi Ibu untuk meminta bantuan orang lain dalam melaksanakan kegiatan mereka.
  • Jangan terlalu idealis dalam melakukan segalanya, banyaknya pekerjaan membuat Ibu harus mampu mengatur skala prioritas dalam kegiatannya. Sebagai seorang Ibu, tidak semua hal harus dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan hasil yang memuaskan, ada baiknya jika Ibu melakukan hal berdasarkan prioritas yang telah disusun, seperti mengurus anak dan keluarga. 
  • Sesekali cari waktu untuk manjakan diri, baik itu dengan melakukan yoga ataupun mengambil waktu untuk diri sendiri. Untuk mengurangi rasa stress yang Ibu rasakan, Ibu bisa mengambil waktu beberapa saat untuk berkumpul dengan teman ataupun bisa memanjakan diri dengan melakukan hal-hal yang mereka senangi.
  • Tidur yang cukup. Waktu tidur yang kurang membuat tubuh mudah lelah sehingga bisa membuat Ibu mudah untuk merasa stress, untuk itu Ibu perlu untuk memiliki waktu tidur yang cukup dalam kesehariannya.
  • Relaks. Hal ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang Ibu senangi sembari melakukan pekerjaan anda
  • Rekreasi bersama keluarga. Rekreasi dapat dilakukan dengan cara piknik ataupun liburan bersama dengan keluarga ketika Ibu memiliki waktu luang atau ketika di akhir pekan.
  • Lakukan hobi bersama anggota keluarga. Misalnya dengan mengajak anak untuk berenang bersama  di akhir pekan.
  • Nikmati waktu bermain dengan anak. Menemani anak bermain dapat mengurangi rasa stress yang Ibu rasakan, hal ini dikarenakan ketika anak merasa senang, Ibu juga akan merasa senang.

Salah satu peserta program mengatakan, "Program pendampingan ini sungguh membantu saya dalam menghadapi stres sehari-hari sebagai seorang ibu muda. Saya belajar bagaimana cara untuk mengatasi stress dengan cara yang cukup mudah, sehingga saya bisa lebih tenang dan fokus dalam mengurus keluarga."

Program pendampingan ini diharapkan dapat menjadi model bagi upaya serupa di tempat lain. Dengan melihat pentingnya peran ibu muda dalam membentuk generasi masa depan, dukungan dan perhatian terhadap kesejahteraan mereka menjadi hal yang mendesak untuk ditangani.

Dengan adanya program pendampingan seperti ini, para ibu diharapkan mampu mengelola stres dengan lebih baik dan dapat membangun keluarga yang bahagia dan sehat secara keseluruhan.

Penulis: Sonya Yolanda, Fakultas Psikologi/Prodi Psikologi, 15000120130265, KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

DPL : (1) Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D. ; (2) Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.  ; (3) Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline