Lihat ke Halaman Asli

Suko Waspodo

lecturer

Definisi Wirausahawan dan Karakteristiknya

Diperbarui: 29 Januari 2019   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustr: pengusahahebat

Wirausahawan adalah pendiri perusahaan yang mengidentifikasi peluang, mengumpulkan tenaga kerja terampil dan sumber daya yang diperlukan untuk operasi perusahaan, menarik orang dan lembaga keuangan dan mengambil tanggung jawab psikologis untuk mengelola perusahaan dengan sukses.

Kata 'Entrepreneur' (wirausahawan)  berasal dari kata Perancis "Entreprendre" berarti, "melakukan". Wirausahawan adalah individu yang sangat termotivasi oleh tindakan yang mengambil risiko untuk mencapai tujuan. Wirausahawan adalah inovator kombinasi baru di bidang produksi.

Apa itu Wirausahawan?

Adam Smith (1776) menganggap wirausahawan sebagai kapitalis berpemilik yang memasok modal dan bekerja sebagai manajer yang mengintervensi antara tenaga kerja dan konsumen.

Francis A. Walker (1870) menyebut wirausahawan sebagai insinyur kemajuan dan agen utama produksi.

F.H. Knight (1921) mengemukakan bahwa wirausahawan adalah kelompok khusus orang-orang yang menanggung risiko dan berurusan dengan ketidakpastian.

J.A. Mill (1848) mengadvokasi penggunaan kata wirausahawan dalam arti organisatoris yang dibayar untuk jenis pekerjaan non-manualnya.

J.B. Say (1824) mendefinisikan wirausahawan sebagai "agen ekonomi yang mengumpulkan faktor-faktor produksi, melihat harga produk sedemikian rupa sehingga memastikan biaya dan laba, mengakumulasi kembali modal dan memiliki pengetahuan administratif dan produktif."

Definisi tersebut menekankan kegiatan ekonomi wirausahawan.

Konsep ini juga didukung oleh Hagen Se Robinson (1942). Penekanan pada kontribusi sosial-ekonomi dan karakteristik wirausahawan.

Inovasi di sini dipahami sebagai pengenalan produk baru atau utilitas baru dari produk lama, pasar baru, metode produksi baru, sumber baru bahan baku dan organisasi baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline