Lihat ke Halaman Asli

Suko Waspodo

lecturer

8 Alasan Pentingnya Membaca

Diperbarui: 22 Januari 2019   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustr: smpsaraswati

Menurut penelitian, masyarakat negeri kita ini termasuk dalam kategori memiliki budaya membaca yang rendah. Begitu pula kalau kita mengamati aktivitas siswa atau mahasiswa pada saat istirahat atau jam kosong, mereka lebih memilih ngobrol atau asyik bersosmed dengan smartphone daripada membaca di perpustakaan.

Padahal kita semua tahu materi membaca seperti buku, jurnal, majalah, koran, e-book, dan lain-lain adalah sumber pengetahuan dan hiburan yang menyenangkan. Membaca adalah cara termurah untuk memperoleh pengetahuan dan dengan demikian meningkatkan gaya hidup.

Untuk lebih memahami tentang pentingnya membaca, poin-poin berikut akan menyoroti manfaat membaca;

1. Memberikan Kepuasan

Membaca memberi kepuasan besar bagi kita. Ungkapan populer "meringkuk dengan buku" menciptakan gambar hubungan yang hangat dan dekat dengan buku. Bahkan orang tua merasa puas ketika mereka melihat anak-anak mereka sedang membaca buku.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Untuk membaca, seseorang perlu fokus untuk jangka waktu yang lebih lama dan itu membutuhkan latihan mental. Untuk memahami teks atau keseluruhan cerita, pembaca harus memusatkan pikirannya pada masalah tertentu. Dengan cara ini, membaca meningkatkan kekuatan konsentrasi dan fokus kita.

3. Menanamkan Pengetahuan

Membaca meningkatkan pengetahuan pembaca. Dengan mengembangkan keterampilan membaca, kita dapat mendiversifikasi bidang pengetahuan mereka yang memberi mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi yang bermanfaat dan proses pengambilan keputusan.

4. Latihan Otak

Membaca dianggap sebagai latihan otak. Ketika kita terlibat dalam membaca sel-sel otak kita mulai bekerja untuk memahami makna teks dan mencoba menghubungkan berbagai aspek dari materi yang dibaca. Dengan demikian membaca merangsang otak dan mendorongnya untuk berpikir tentang semua aspek yang mungkin untuk mewujudkan maknanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline