Lihat ke Halaman Asli

Sonta Frisca Manalu

I'm falling in love

Tujuh Kuliner Khas Sumut yang Wajib Dicoba di Festival Kuliner Serpong 2015

Diperbarui: 1 September 2015   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suara uning-uningan sepertinya berteriak menyuruh saya mempercepat langkah menuju area “Festival Kuliner Serpong 2015” di Summarecon Mall Serpong. Asyikkk, saya suka sekali suasana di sini. Bataknya sudah dapet sekali. Booth penjualan makanan didesain sama dengan rumah-rumah orang batak di kampung aslinya di Sumatera Utara. Pakaian usher-nya pun bolehlah, sudah sangat representatif dengan orang Batak.

Hmmm.... Sumatera Utara memang sangat identik dengan suku aslinya, yaitu orang Batak. Oleh karena itulah, semua  hal yang ada di Festival Kuliner Serpng 2015 didesain begitu rupa mengikuti adat Batak. Namun demikian, Sumatera Utara tidak melulu adalah orang Batak. Masih ada suku atau etnis lainnya yang hidup di sini, yaitu orang-orang Peranakan yang memperkaya kekulineran khas Sumatera Utara.

Jadi bagi Anda yang datang ke acara Festival Kuliner Serpong yang mengusung tema kuliner Sumatera Utara, jangan takut karena banyak sekali pilihan menu yang akan buat lidah Anda bergoyang. Salah satunya makanan khas Batak. Ssttttt.... Ada Lapo Tondongta di sini yang menyediakan beragam menu non halal, mulai dari ikan mas arsik, panggang, hingga saksang.

Karena saya asli orang Batak dan sudah terbiasa makanan tersebut, saya memutuskan untuk berwisata kuliner khas Sumatera Utara lainnya. Ternyata masih ada beberapa kuliner Sumatera Utara yang belum saya kenal. Ini tujuh makanan yang recommended jika Anda mengunjungi festival kuliner tersebut.

Lapchoi

Menurut saya makanan ini begitu unik. Ada sayur-mayur yang terdiri dari kangkung dan kol rebus. Kemudian di atasnya ditambahkan kepiting, keripik udang, dan tahu goreng. Setelah disusun dan dipotong-potong di piring saji, barulah saus asam manis dituangkan di atasnya. Sausnya hampir sama rasanya dengan saus Fuyunghai. Jika ingin pedas, Anda bisa menambahkan sambal hijau giling.

Nasi Udang Ayam Medan

Tampilannya sudah pasti akan bikin kamu ngiler. Udangnya digoreng dengan sambal merah. Membuatnya terlihat begitu menantang Ayam gorengnya pun gurih dan empuk. Keduanya dinikmati dengan nasi putih yang gurih.

Lontong Medan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline