Lihat ke Halaman Asli

Hanya Google Yang Bisa Begini

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Google Kalah dalam Perebutan Paten Nortel. Namun ada fakta menarik dibalik cerita kekalahan tersebut.

Dalam proses lelang tersebut Google mencengangkan dan membingungkan banyak pihak dengan angka-angka penawaran yang diajukannya. Saat penawaran mendekati 2 miliar dolar, Google mengajukan angka penawaran 1.902.160.540. Saat penawaran berada pada kisaran 2,5 miliar dolar, sang raksasa mengajukan angka penawaran 2.614.972.128.

Angka-angka ini membingungkan banyak pihak, karena lazimnya peserta lelang mengajukan penawaran dalam jumlah yang bulat.

Selidik punya selidik, ternyata angka pertama adalah Brun's constant, sementara angka penawaran kedua adalah Meissel-Mertens constant. Nilai-nilai yang tidak lazim dikenal oleh orang banyak, kecuali mungkin oleh para nerd sejati pecinta matematika.

Saksi mata melaporkan bahwa Google juga sempat mengajukan penawaran yang angkanya sama dengan jarak antara bumi dan matahari.

Tentu saja bukan Google jika melewatkan kesempatan untuk mengajukan angka 3.14159 saat penawaran mencapai 3 miliar dolar. Tidak memerlukan seorang ahli matematika untuk mengenali angka yang lazim dikenal sebagai pi ini.

Memang Google kalah dalam proses lelang 6000-an paten Nortel, namun dalam proses tersebut Google tetap mempertahankan citra sebagai kumpulan orang pintar yang cuek-bebek. Hanya Google yang bisa begini!

(sumber: reuters)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline