Lihat ke Halaman Asli

Darmaila Wati

Freelancer

Bebasnya Kehidupan Para Presiden Perancis

Diperbarui: 13 Mei 2017   06:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mungkin presiden-preside Prancis terpilih belakangan ini,  mewakili kebebasan hidup di negeri itu ya soal kisah percintaan. Presiden terpilih sekarang Emmanuel Macron adalah presiden termuda Perancis berusia 39 tahun, beristrikan mantan gurunya yang terpaut usia 25 tahun darinya. Brigitte Trogneux, sebelumnya seorang istri dari orang lain yang memiliki tiga anak,  dan menikah dengan Macron setelah menjadi janda pada 2007. Sebelumny presiden Perancis,  Francaise Hollande didampingi ibu negara yang belum dinikahinya namun hidup bersama. Walaupun begitu, Trierweiler tetap dianggap sebagai "Ibu Negara" Prancis yang dapat membuat pernyataan resmi negara. Hollande diketahui meninggalkan kekasih sebelumnya,  Segalone Royale dan empat orang anaknya setelah bertemu wartawan cantik  Tierweiler yang sudah memiliki tiga orang anak.  Namun isu keduanya ramai diberitakan,  ketika Hollande yang masih menjabat presiden diketahui selingkuh dengan artis jauh lebih muda darinya, Julie Gayet. 

 

Sebelum Hollande, presiden  Nicholas Sarkozy menikahi model Carla Bruni setelah dirinya menceraikan istrinya, Cecilia yang setia menemaninya pada saat musim kampanye pencalonan dirinya maju sebagai presiden pada 2005.  Dan menikahi Carla Bruni dua bulan setelah itu, ketika Sarkozy menjabat jadi presiden. Mereka berdua terpaut usia cukup jauh hingga dijuluki bagai La Belle et La Bette, cerita terkenal Perancis yang diangkat ke layar lebar oleh Disney lewat film "the Beauty and the Beast". Carla yang terkenal sebagai selebritis dan mantan pacar beberapa orang terkenal diantaranya Mick Jagger dan Donald Trump merupakan model seksi yang foto bugilnya tersebar di majalah dewasa. 

 

Presiden-presiden Perancis sebelumnya juga punya hubungan hubungan asmara gelap, tapi tidak jadi pemberitaan media. Presiden Francois Miterrand diketahui punya banyak kekasih gelap. Ia bahkan punya anak di luar nikah yang bernama Mazarine dari hubungannya dengan Anne Pingeot. Keluarga itu dibiayai dan dilindungi oleh negara.

 

Sekalipun banyak wartawan mengetahui hal itu, media sepakat tidak menurunkan berita tentang kehidupan pribadi Mitterrand. Demikian juga Presiden Jacques Chirac yang punya kekasih simpanan. Ia sering diantar sopir pribadi untuk menemui kekasihnya. Namun masyarakat Perancis tidak terpengaruh dengan kehidupan pribadi presidennya. Barangkali karena itu juga menjadi kehidupan umumnya masyarakat di Perancis. Penilaian tehadap tokoh publik di Perancis adalah kinerja. 

 

Kenapa hal ini perlu kubahas?  Sebenarnya sama sekali tidak penting. Namun mengingat pengalaman berteman dengan laki-laki Perancis-Jerman yang tinggal di Perancis dan kadang-kadang mengunjungi ayahnya di Waechtersbach-Hessen,  Jerman,  pas di samping rumah kontrakanku dulu,  depan kantor pemadam kebakaran,  dekat supermarket Globus, sungguh laki-laki romantis, pandai mengajak ngobrol tapi dekat sama semua perempuan di kota itu. Sebaiknya memang harus menjauh dari laki-laki seperti ini kalau soal asmara,  hanya boleh untuk berteman biasa tanpa istimewa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline