Lihat ke Halaman Asli

Soni Herdiansyah

Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Sukses PDKT dari Les Giblin dan Bahagia dengan Sentuhan Nilai Islam

Diperbarui: 1 November 2022   06:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PDKT jalan menjalin suatu hubungan. Gambar: pexels.com

Ngomongin soal PDKT nih, PDKT itu apa sih?

PDKT menurut kawan-kawan dari Citayem sih kependekan dari PenDeKaTan. Dengan kata lain PDKT adalah usaha untuk melakukan pendekatan atau mendekati lawan jenis.

Dalam Islam istilah PDKT adalah Taaruf yaitu proses perkenalan pria dan wanita untuk menuju jenjang pernikahan yang sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dalam agama Islam.

PDKT dilakukan oleh para jomblowan maupun jomblowati untuk memikat calon pasangan atau lawan jenis yang disukai. Bisa itu untuk dijadikan pacar atau pun pasangan hidup.

Lalu bagaimana sih cara supaya sukses PDKT?

Dalam bukunya Les Giblin (2001) yang berjudul "The Art of Dealing with People" menjelaskan beberapa cara supaya sukses dalam melakukan PDKT dan bahagia membina hubungan dengan nilai Islam yang penulis tambahkan. Berikut adalah caranya yang telah penulis rangkum:

1. Berkenalan

Pernah dengar peribahasa, tak kenal maka tak sayang? Ya, peribahasa ini sangat populer di masyarakat, tapi nyata adanya. Dalam menjalin suatu hubungan penting sekali untuk saling mengenal.

Selain itu,dengan mengetahui latar belakang masing-masing, membicarakan hobi, pekerjaan, makanan favorit, dan sebagainya. Untuk menemukan kecocokan dan saling melengkapi. Jika ingin mengenal satu sama lain secara detail, bisa juga dengan bertukar CV (Curriculum Vitae).

Tapi, perlu diingat, kita jangan terlalu membicarakan tentang diri kita. Karena, menurut Les Giblin, orang lebih suka 10 ribu kali menceritakan tentang dirinya sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline