Menjadi seorang guru adalah profesi yang sangat mulia. Pahlawan tanpa tanda jasa disematkan sebagai wujud perjuangan para guru yang tiada pamrih dalam mendidik dan mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Tanpa adanya guru, tidak akan tercipta peradaban yang maju.
Setiap guru memiliki keahlian yang berbeda-beda, ada yang ahli dalam Matematika, IPA, Bahasa, IPS, dan sebagainya. Dengan ilmu yang luas, guru mendidik dan mengajarkan siswa di sekolah dengan baik dan sudah dirancang sebelumnya dalam bentuk strategi pembelajaran.
Guru IPS misalnya, di mana seorang guru IPS sebelum mengajar siswa di kelas, pastinya menyiapkan dulu materi dan strategi pembelajaran apa yang cocok diterapkan nanti di kelas. Apalagi dengan materi keterpaduan dari ilmu-ilmu sosial seperti ekonomi, sosiologi, geografi, dan sejarah yang disajikan atau dipadukan menjadi mata pelajaran IPS.
Terutama persiapan sebelum mengajar haruslah matang, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia, bagaimana bisa guru IPS dapat mencapai tujuan pembelajaran sementara untuk pergi ke sekolah saja kesulitan?
Dapat Menggunakan dan Memanfaatkan Teknologi
Sadar akan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, seorang guru IPS haruslah mampu mencari peluang yang ada, yaitu dengan bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi.
Dengan kondisi pandemi ini, aktivitas belajar dan mengajar tidak dilakukan tatap muka di sekolah, melainkan menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Akibatnya, guru dan siswa akan saling berkomunikasi jarak jauh (daring), dan menggunakan sarana komunikasi misalnya gadget/smartphone.
Guru IPS harus bisa menguasai teknologi, mau tidak mau karena demi terselenggaranya kegiatan pembelajaran tersebut. Terutama, dalam menggunakan berbagai fitur atau aplikasi pendukung pembelajaran yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, seperti aplikasi Zoom, Google Meet, dan lain-lain.
Bila belum dapat menguasainya, guru dapat meluangkan waktu untuk belajar menggunakan teknologi tersebut, atau meminta bantuan kepada keluarga atau kerabat dekat yang ahli dalam teknologi.
Dengan begitu, kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Guru IPS yang hebat ialah yang mampu menggunakan berbagai media yang ada untuk menunjang pembelajaran siswa.
Mampu Menerapkan Strategi Pembelajaran yang Tepat
Dalam mengajar, guru IPS yang hebat harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, apalagi dalam PJJ seperti sekarang. Strategi pembelajaran yang efektif digunakan saat ini adalah, mengajak para siswa untuk interaktif dan semangat mengikuti pembelajaran.
Selain itu, penggunaan model pembelajaran dan metode yang digunakan harus sesuai. Jika guru IPS dalam menerangkan materi mengenai perubahan iklim misalnya, dengan model pembelajaran berbasis masalah dan metode ceramah, jelas ini bukanlah hal yang tepat.