Lihat ke Halaman Asli

Soni Herdiansyah

Mahasiswa_Pendidikan IPS_Universitas Pendidikan Indonesia

Sensasi Unik dan Sehat Buka Puasa dengan Jus Jambu Monyet

Diperbarui: 12 Mei 2020   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jus Jambu Monyet.dokpri

Menjalankan ibadah puasa perlu perjuangan, rasa haus ditenggorokan menjadi musuh utama orang yang berpuasa. Namun, dengan niat yang tulus dan ikhlas berpuasa godaan rasa haus dapat kita tahan hingga datang waktu berbuka puasa. 

Menu berbuka puasa setiap orang beragam., ada yang berbuka dengan kurma,  kolak pisang, kolak candil, es sop buah, dan sebagainya. Namun,  ada yang lebih unik dari biasanya. Pernahkan berbuka dengan jus jambu monyet? 

Ya, mendengar nama jus jambu monyet mungkin tak asing ditelinga orang yang sudab mengetahui,  tapi jarang sekali kita berbuka dengan jus jambu monyet ya kan.

Jus jambu monyet bisa menjadi minuman saat berbuka puasa,  rasanya yang unik juga menyehatkan, juga menambah kesan baru selama berbuka dengan minuman ini. 

Apa itu jus jambu monyet?

Jus jambu monyet adalah minuman jus buah, dengan bahan utamanya adalah jambu mete (Anacardium occidentale) atau jambu mede.  Buah jambu monyet ini juga menghasilkan kacang mede, kacang mete,  atau kacang mente sebutannya. Oh ya, tanaman jambu monyet ini bukanlah termasuk ke dalam jenis jambu-jambuan (Myrtaceae), juga bukan termasuk jenis kacang-kacangan (Fabaceae). Namun,  jambu monyet masuk dalam jenis mangga-manggaan (Anacadiaceae), herankan? Padahal namanya sudah jambu. 

Lalu, kenapa sih disebut jambu monyet,monyetkan hewan bukan buah?

Nah, unik sekali dengan minuman ini,  yaitu jus jambu monyet. Sebenarnya,  sebutan jambu monyet itu sendiri karena bentuk dari buah ini menyerupai kepala atay wajah monyet. Sekilas, seperti bentuk kepala monyet bekantan khas Kalimantan,  karena ada benjolan yang menyerupai hidung bekantan.  

Buah jambu monyet. Gambar:tanamanmart.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline