Lihat ke Halaman Asli

PIO VII (Penilaian Kinerja)

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang penilaian kinerja menurut pemahaman saya. Materi ini juga dijelaskan di mata kuliah psikologi industri dan organisasi. Maaf ya, memang agak ngebut tulisan saya kali ini, karena sudah dikejar deadline. Baiklah langsung saja tentang penilaian kinerja.

Yang dinilai di peniaian kinerja ada tiga, yaitu:

1. Karakteristik personal, misalnya disiplin, tanggung jawab, cara berinteraksi dan lainnya.

2. Hasil atau outcome, seberapa mampu bisa menjawab di dunia kerja atau seberapa banyak dia menjual produk (sales).

3. Behavioral Process, dinilai apakah proses kinerja seorang karyawan sudah maksimal atau belum.

Dan yang melakukan penilaian adalah atasan (supervisor), rekan (peers), diri sendiri (self appraisal), bawahan (subordinate), pengguna (customers).

Tujuan proses penilaian kinerja bagi individu adalah untuk promosi dan untuk pelatihan, sebagai bahan pertimbangan evaluasi.

Tujuan proses penilaian kinerja bagi organisasi adalah untuk meningkatkan kinerja pekerja dan juga untuk bahan pertimbangan evaluasi.


Sekian untuk penilaian pekerja, mohon maaf kalau ada kesalahan,

Terima kasih sudah menyediakan waktu untuk membaca^^

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline