Lihat ke Halaman Asli

Ninik Dwiyanti

Sudah menikah

Pertolongan Pertama Saat Ternak Kena PMK

Diperbarui: 16 Juni 2022   12:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

   Pertolongan Pertama Saat Ternak Kena PMK 

Bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan kini marak dibicarakan lalu apa yang harus kita lakukan. Menurut departemen kesehatan hewan penyebabnya adalah virus tipe A,dari famili ficornaviridae genus Apthovirus. Sedih rasanya hewan peliharaan kita terkena penyakit apa lagi sebentar lagi hari raya.

Apakah mungkin virus atau bakteri dari covid juga menyatu kedalam penyakit yang menyerang hewan.Itu kemungkinan bisa terjadi krana dunia lagi diserang covid 19 bisa jadi virus atau bakteri yang dibawa menyatu dengan covid 19.

Hingga daya tahan tubuh hewan menurun lalu pertolongan pertama yang kita lakukan saat dokter hewan belum datang.Yaitu bagi luka luar yang ada disekitar mulut dan kuku yaitu dengan oleskan lidah buaya.Lidah buaya bisa membuat luka cepat kering jadi oleskan pada mulut dan kuku.

Lalu masakan kunir dan sereh dengan air setengah ember sedang diamkan biar hangat. Lalu masukan lima saset susu jahe biar sapi tahan tubuhnya kuat.Ini hanya tips dari saya jika berhasil alhamdulillah semoga cepat sembuh.

Jika tidak bisa minum tolong diminumkan agar cepat sembuh.Penyakit pada mulut dan kuku bisa dioleskan lidah buaya agar cepat kering.Ini hanya tisp dari saya sepenuhnya kita harus panggil dokter hewan.

hamdulillah 

tip 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline