Lihat ke Halaman Asli

Solihin

Guru IPS

Viral Emoji Semangka sebagai Dukungan untuk Palestina; Ditinjau dari Teori Herbert Blumer

Diperbarui: 23 November 2023   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak Oktober 2023, Emoji Semangka menjadi viral di media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, mengekspresikan protes dan resistensi terhadap tindakan penindasan Israel. Sejarahnya, ketika Israel menguasai wilayah Palestina tepatnya di tepi Barat, Jalur Gaza, dan merebut wilayah Yerusalem Timur pada tahun 1967, penggunaan bendera Palestina dilarang, mendorong penggunaan semangka sebagai simbol perlawanan dan identitas Palestina. 

Selain warnanya yang mirip dengan bendera Palestina, semangka diartikan sebagai representasi budaya. Viralnya emoji semangka di media sosial juga dipengaruhi oleh seringnya postingan bendera Palestina dihapus, dan simbol buah semangka kembali digemakan berdasarkan faktor historis. Dukungan terhadap Palestina tidak hanya terjadi di dunia maya, melainkan juga melalui aksi Damai Bela Palestina di Monumen Nasional pada Minggu, 5 November 2023, dihadiri oleh ribuan warga Indonesia mulai dari masyarakat umum, publik figur, hingga influencer turut membela dengan membawa poster berilustrasi tulisan dan gambar semangka.

Dalam teori Blumer, tindakan simbolik merujuk pada hubungan antara tindakan manusia dan makna yang melekat pada simbol. Seperti penggunaan emoji semangka yang viral di berbagai sosial media dapat dianggap sebagai tindakan simbolik yang mengandung makna politis dan sosial. Emoji semangka tidak hanya melambangkan buah itu sendiri, tetapi juga diisi dengan makna perlawanan dan dukungan terhadap Palestina. Dengan kata lain, semangka menjadi simbol dari pesan yang disampaikan kepada masyarakat.

Blumer menekankan bahwa makna simbol tidak bersifat tetap dan ditentukan oleh individu atau kelompok dalam proses interpretasi. Dalam konteks emoji semangka, masyarakat secara aktif menginterpretasikan simbol (Emoji semangka) sebagai bentuk ekspresi solidaritas terhadap Palestina. Proses interpretasi ini dipengaruhi oleh konteks politik, budaya, dan sosial yang berkembang.

Kemudian , menurut blumer bahwa realitas sosial dibentuk oleh individu melalui interaksi sosial mereka. Emoji semangka, dalam hal ini, menjadi alat konstruksi sosial yang membantu membentuk pemahaman bersama dan identitas kolektif terkait dukungan terhadap Palestina. Melalui interaksi online dan offline, masyarakat bersama-sama menciptakan makna terkait simbol ini. Emoji Semangka; Dukungan untuk Palestina




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline