Lihat ke Halaman Asli

Solihatt 19

Mahasiswa

Manajemen Pengembangan Karakter Anak Usia Dini

Diperbarui: 9 Mei 2024   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut buku yang saya baca karya prof. Dr. HE mulyasa, M. Pd. Tentang manajemen pengembangan karakter anak usia dini ini ternyata sangat penting loh sobat, kenapa penting? Karena karakter memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan individu dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, pendidikan karakter bagi anak usia dini sangat-sangat penting karena karakter merupakan sifat alami bagi anak usia dini untuk merespons situasi secara bermoral.

Menurut Aristotle, bahwa karakter erat kaitannya dengan "habit" Atau kebiasaan yang terus menerus dipraktikkan dan diamalkan. Nah... Apalagi di zaman yang sekarang ini yang apa-apa anak selalu diberikan gadget/handphone padahal Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak usia dini sangat tergantung dari bagaimana cara orang terdekat si anak yaitu orang tuanya agar pandai mengatur screen time untuk anaknya. Makin banyak waktu yang dihabiskan dengan gadget pada anak usia dini, maka makin besar pula peluang untuk terpapar konten yang tidak sesuai dengan usianya dan pengaruhnya tentu akan berdampak pada karakter anak yang belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. 

Nah, dan pada saat inilah peran orang tua dan guru diharapkan saling bekerja sama memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak di usia dini, melalui nilai moral dan kemampuan mengelola emosi yang dimilikinya.

Karena pendidikan karakter padaa anak usia dini ini sangat penting untuk membentuk dasar nilai-nilai moral dan perilaku yang akan mereka bawa sepanjang hidup. Melalui pendidikan karakter, anak-anak belajar tentang empati, kerjasama, tanggung jawab, dan nilai-nilai positif yang bisa membantu mereka menjadi seseorang yang baik dan lebih dekat lagi dalam masyarakat. Karen Ini adalah pondasi penting yang perlu ditanamkan sejak dini agar anak-anak dapat tumbuh menjadi seseorang yang bertanggung jawab, peduli, dan beretika.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline