Lihat ke Halaman Asli

Vitamin PMK Dukung Perkembangan Anak

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

[caption id="attachment_293688" align="alignleft" width="300" caption="Perkembangan Anak (sumber foto :ilmu-gizi.blogspot.com)"][/caption]

Anak adalah individu yang berumur dibawah 18 tahun demikian penjelasan didalam UUPA nomor 23 tahun 2002. Disamping itu, anak juga merupakan individu yang selalu tumbuh dan berkembang yang dijalaninya berdasarkanpada setiap fase perkembangan, baik secara fisik, mental dan sosialnya.

Sejalan dengan proses tumbuh kembang tersebut, orangtua dan keluarga pastilah mengharapkan dan berkeinginan agar setiap proses tumbuh kembang anaknya dapat berjalan dengan baik dan mempunyai perilaku yang baik pula.

Akan tetapi proses tumbuh kembang yang diharapkan dan diinginkan tersebut, kadang tidak didukung secara penuh oleh orangtua dan keluarganya, sehingga yang terjadi saat ini, banyak diantara anak-anak mengalami hambatan dan masalah dalam proses tumbuh kembangnya baik fisik, mental dan kehidupan sosialnya.

Dalam membantu proses tumbuh kembang anak yang dijalani pada setiap fase perkembanganya, anak memerlukan support berupa Vitamin PMK (Perhatian, Motivasi dan Kasih sayang) yang merupakan kebutuhan dasar bagi anak untuk dikonsumsi pada setiap hari yang diperoleh dari kedua orangtua dan keluarganya.

a.Vitamin Perhatian

Vitamin ini sangat dibutuhkan anak dalam membatu proses tumbuh kembangnya, vitamin ini berfungsi untuk membantu anak agar dapat menilai dan memperhitungkan segala bentuk situasi dan kondisi yang terjadi dalam diri si anak, terutama disaat anak sedang mengalami atau mendapatkan masalah dalam preses tumbuh kembangnya.

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orangtua dan keluarga untuk mensuplei vitamin ini, diantaranya

-Memberikan waktu luang bersama anak

-Menanyakan dan ajaklah anak untuk menceritakan tentang kegiatan yang telah dilakukannya dalam sehari.

-Perlihatkan kepada anak bahwa kita sangat serius terhadap permasalahan yang sedang dihadapinya.

-Jangan pernah meremehkan apa yang telah dikatakan dan dilakukan anak

-Mengajak anak secara bersama untuk dapat mencari solusi tentang masalah yang sedang dihadapinya.

-Hindarilah sikap penolakan disaat anak sangat membutuhkan kita

Dengan perhatian yang diberikan oleh orangtua dan keluarga, maka anak akan lebih banyak belajar dari apa yang telah dialaminya dan proses tumbuh kembangnya akan dapat berjalan dengan baik.

b.Vitamin Motivasi

Vitamin ini juga dibutuhkan anak untuk membantu proses tumbuh kembangnya, vitamin ini berfungsi sebagai kekuatan dalam membentuk rasa percaya diri anak agar dapat membentengi dari ancaman dan masalah dalam proses tumbuh kembangnya

Beberapahal yang perlu dilakukan oleh orangtua dan keluarga untuk mensuplei vitamin ini, diantaranya ;

-Selalu memberikan semangat dan dorongan kepada anak

-Memberikan tuntunan yang baik dan efektif atas perbuatan kesalahan yang telah dilakukan oleh anak.

-Tunjukkan kepada anak bahwa kita selalu sangat menghargai semangatnya.

-Hindarilah perkataan yang dapat menyudutkan dan menimbulkan rasa putus asa anak.

-Tunjukkan kepada anak bahwa dia bisa dan mampu melakukkannya.

Dengan motivasi yang diberikan oleh orangtua dan keluarga tersebut, maka akan muncul kekuatan dan rasa percaya diri anak dalam menjalankan proses tumbuh kembangnya dengan baik.

c.Vitamin Kasih sayang

Kasih sayang orangtua dan keluarga juga merupakan vitamin yang sangat penting buat anak dalam membatu proses tumbuh kembangnya. Sebab dengan kasih sayanglah anak akan dapat lebih mudah menjalankan proses tumbuh kembanganya dengan baik. Vitamin kasih sayang ini berfungsi untuk mengontrol sikap emosional anak dan dapat memberikan kenyaman kepada dirinya.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orangtua dan kelurga untuk mensuplei vitamin ini, diantaranya ;

-Bersikaplah bahwa kita sebenarnya menyanyanginya dengan tulus, namun tunjukkan kepada anak bahwa kasih sayang yang diberikan tidak diperuntukan buat yang tidak baik bagi proses tumbuh kembangnya.

-Berikan kepedulian penuh kasih sayang kepada anak.

-Hindarilah melakukan kekerasan kepada anak, dan tunjukkan sikap dan perilaku kasih sayang kepadanya.

Dengan memberikan kasih sayang kepada anak, maka anak akan mendapatkan kenyamanan dalam hidupnya dan dapat mengontrol berbagai emosional didalam menjalan proses tumbuh kembangnya dengan baik.

VitaminPMK (Perhatian, Motivasi dan Kasih sayang) merupakan kebutuhan dasar yang harus diterima anak yang berfungsi untuk membantu, mencegah serta membentengi dari setiap ancaman yang dapat merusak proses tumbuh kembangnya

Oleh karena itu, orangtua berkewajiban memberikan VitaminPMK (Perhatian, Motivasi dan Kasih sayang) ini dengan penuh kepada anaknya. Dan Insya Allah proses tumbuh kembangnya akan berjalan dengan baik dan berkualitas serta bermutu tinggi bagi masa depannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline