Lihat ke Halaman Asli

Menulis Itu Sulit?

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

[caption id="attachment_125541" align="alignleft" width="300" caption="Sulitnya Memulai Menulis (Gbr:http://forumstudimahasiswa.files.wordpress.com)"][/caption]

Di saat istirahat kerja kemaran siang, aku dan rekan kerjaku sedang makan siang disalah satu warung dekat kantor. Kami memesan makanan yang sesuai dengan selera kami masing-masing. Pesanan datang, kami pun langsung makan secara bersama.

Sambil makan, kami bercerita tentang beberapa masalah, mulai dari masalah tentang pekerjaan kantor , hingga pada masalah dalam menulis.

Rekan kerjaku menceritakan keinginannya untuk bisa menulis . “Aku ingin menulis kawan” ucapnya padaku, “Dan aku ingin tulisanku itu bisa ku publish juga di kompasiana, seperti yang kau buat kawan” sambungnya.

“OK, aku mendukungmu kawan, buatlah tulisanmu”, pintaku kepadanya.

“Nah, itu dia kawan, aku merasa sulit kali untuk menulis? keluhnya.

”Ntah kenapa dengan jariku ni, setiap mau menulis susah kali kurasa, tak tahu aku apa yang harus kutuliskan”, sambungnya padaku.

Aku hanya melemparkan senyum kehadapannya, karena didalam benakku apa yang dia rasakan sama seperti yang kurasakan sebelumnya. Barangkali hal yang sama juga dirasakan oleh kebanyakan para penulis pemula yang setiap kali ingin memulai dalam menulis.

Mengapa merasa sulit untuk memulai menulis ?, sebuah pertanyaan yang sering ada di dalam benak para penulis pemula yang ingin memulai dalam menulis.

Adanya perasaan sulit itu didalam diri kita disebabkan pengetahuan yang minim dan rumitnya tentang pembahasan yang ingin kita tuliskan, sehingga proses menulis yang sedang kita lakukan mengalami hambatan dan menimbulkan kesulitan dalam menulis.

Rasa percaya diri terhadap diri sendiri juga mempengaruhi kesulitan dalam menulis, karena menganggap diri belum mampu, sehingga perasaan sulit itu muncul ketika ingin memulai menulis.

Adanya keinginan untuk menulis tapi usaha yang dilakukan tidak maksimal, sehingga menimbulkan kemalasan yang membuat sulit untuk memulai menulis.

Sesungguhnya kesulitan dalam menulis itu dapat diatasi dengan keinginan dan kemamuan untuk memulai menuliskan hal-hal yang sederhana dan tidak terlalu rumit tentang isi yang akan dituliskan.

Menceritakan dan menuliskan tentang peristiwa atau kejadian yang setiap harinya kita jalani merupakan langkah awal yang baik untuk memulai dan memperlancar dalam menulis. Setelah memulainya beberapa kali, maka akan timbul kebiasaan dalam menulis, sehingga menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pribadi dan orang lain.

Dengan demikian menulis itu tidak sulit dan selalu mudah bagi kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline