Lihat ke Halaman Asli

Mari Meraih Keuntungan dari Menulis

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

[caption id="" align="alignleft" width="267" caption="Ilustrasi Menulis (sumber:http://farm1.static.flickr.com,google) "][/caption]

Menulis merupakan sebuah cara dan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk menyusun kata demi kata menjadi sebuah kalimat, sehingga mengandung makna tentang tulisan tersebut. Menulis dapat dilakukan dengan mempergunakan tangan, kaki bahkan dengan mulut bagi yang mempunyai kemampuan khusus.

Namun tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam menulis bahkan banyak diantara orang merasa tidak mampu dan malas dalam menulis atau karena tidak hobby, padahal dalam menulis tidak begitu susah, jika sudah dimulai.

Dalam menulis banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan, baik keuntungan bagi diri sendiri maupun keuntungan bagi orang yang membaca tulisan tersebut. Misalnya saja hasil dari tulisan yang telah kita buat dapat dibaca oleh orang lain, sehingga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi dirinya.

Tulisan juga dapat sebagai media informasi dan dokumentasi, untuk mengetahui berbagai semua situasi dan kondisi yang ada dalam kehidupan ini, baik situasi dan kondisi yang pernah terjadi maupun situasi dan kondisi yang kemungkinan akan terjadi.

Pada sisi lain manfaat dan keuntungan dari menulis juga berpengaruh kepada beberapa unsur kemampuan psikologis yang ada pada diri kita. Beberapa unsur psikologis yang dimaksud yaitu;

  • Kemampuan Kognitif, dalam hal ini berhubungan dengan kecerdasan intelegensi yang kita miliki, karena dengan menulis kognitif kita akan lebih aktif untuk memberikan dan mengeskplor pengetahuan yang selama ini kita ketahui, sehingga kognitf kita akan mudah dan terbiasa untuk selalu aktif memberikan kontribusi tentang sesuatu yang akan kita tulis dan tulisan yang akan kita buat tidak membutuhkan waktu yang banyak, karena kemampuan kognitif kita telah matang dalam mengeksplor dan memberikan ide-ide yang berhubungan dengan apa yang menjadi pembahasan dalam tulisan kita.
  • Kemampuan Verbal, dalam menulis biasanya kita sering mengulangi membaca tentang kesempurnaan isi tulisan yang kita tulis agar tulisan yang kita buat enak dan baik dibaca oleh orang yang akan membacanya. Kesalahan dan kekurangan kata pada kalimat yang ada dalam tulisan akan kita perbaiki, sehingga kesalahan dan kekurangan tersebut dapat menjadi sebuah proses dalam memperbaiki komunikasi kita. Dengan demikian secara psikologis akan berpengaruh pada kemampuan komunikasi kita menjadi lebih baik. Dengan kemampuan komunikasi yang baik maka akan menambah rasa percaya diri kita dalam berinteraksi dengan orang lain.
  • Kemampuan Psikomotorik, dalam menulis biasanya kita mempergunakan psikomotorik kita untuk terlibat dalam membuat tulisan. Keaktifan kita dalam menulis akan mempengaruhi pada psikomotorik pada diri kita, sehingga psikomotorik yang kita miliki tersebut akan lebih baik dan kreatif dalam membuat tulisan-tulisan.

Oleh karena itu, semakin banyak kita menulis, maka akan mempengaruhi kepada kualitas dan baiknya ketiga unsur psikologis tersebut. Dan jika kita ingin ketiga unsur psikologis itu lebih aktif dan berkualitas maka jangan pernah takut untuk memulai menulis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline