Lihat ke Halaman Asli

Soleh Banget

Portal Informasi

Tanoto Foundation dan Kontribusinya pada Dunia Pendidikan

Diperbarui: 15 Maret 2018   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sukanto Tanoto adalah orang terkaya di indonesia yang mempunyai beberapa perusahaan di Kota di indonesia serta di mancanegara, sehingga tak heran jika sukanto tanoto dikenal sebagi orang terkaya karena aset perusahaanya ada dimana-mana dengan pendapatan hingga triliunan rupiah. 

Sukanto Tanoto adalah dermawan yang memperhatikan aspek kehidupan sosial sesamanya. Karena dengan begitu Sukanto tanoto Melalui Yayasannya Tanoto Foundation Memberikan kesempatan kepada putera dan puteri Indonesia untuk dapat menikmati Pendidikan yang merata tanpa pandang bulu. Sukanto Tanoto mempunyai perusahaan The Royal Golden Eagle yang meliputi beberapa perusahaan kelas dunia dan tentunya bergerak di bidang pengolahan sumber daya alam serta Produk-produk dan berbagai jenis produk yang bermanfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari jutaan masyarakat di dunia.

Adapun Aset yang dimiliki perusahaan-perusahaan Royal Golden Eagle, "menurut beberapa sumber" Perusahaan Sukanto Tanoto berpendapatan melebihi US$ 12 triliun dengan lebih dari 50.000 pegawai di seluruh dunia. Dan Perusahaan-perusahaan RGE ini meliputi beragam segmen bisnis seperti: Serat, pulp dan kertas melalui nama Perusahaannya "APRIL", Industri pertanian dengan nama perusahaannya "Asian Agri", dan Bubur kayu dan serat viscose melalui perusahaan "Sateri" dan yang terakhir perkembangan sumber daya energi melalui Perusahannya Pacific Oil dan Gas. 

Kemajuan beberapa perusahaanya dengan berbagai kategori serta dibeberapa negara dan kota di Indonesia, maka Sukanto Tanoto dan keluarganya mendirikan Tanoto Foundation sebagai sebuah lembaga yayasan bernama Tanoto Fooundation tahun 2001 untuk merintis sebuah model pemberantasan kemiskinan melalui pendidikan pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia. 

Sukanto Tanoto yakin bahwa masyarakat pedesaan harus memiliki cara yang berkelanjutan untuk hidup yang lebih baik dan berkualitas. Oleh karena itu dengan keinginannya tersebut disalurkan melalui program pendidikan yang didukungnya. Adapun cara pemberian dan mendukung dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pemberian beasiswa bagi siswa dan siswi serta mahasiswa dan mahasiswi diberbagai kampus serta bidang keahlian, seperti jurusan yang berkaitan dengan kemampuan untuk bidang sosial yang tentunya akan bermanfaat untuk masa yang akan datang.

Oleh karena itu, melalui yayasan tanoto Foundation ini, sukanto tanoto yakin akan kemajuan masyarakat dan anak muda di Indonesia akan lebih maju lagi serta mempunyai pengembangan pemikiran yang potensial dan dapat mengembangkan beberapa inovasi serta sebagai bentuk terciptanya manusia berkualitas dari segi pendidikan, berguna bagi nusa dan bangsa dan yang lebih penting mereka dapat berguna bagi lingkungan keluarga dan masyarakat nantinya. 

Bos Royal Golden Eagle ini yakin kalau menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah melalui pendidikan sebagai tonggak utama dalam menghentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. Oleh karena itulah melalui yayasan Tanoto Foundation, sangat jelas berkontribusi untuk Pendidikan dan masyarakat pada umumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline