Lihat ke Halaman Asli

Proyek Musiman Jelang Tahun Politik

Diperbarui: 27 Agustus 2023   13:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

2024 seluruh masyarakat Indonesia akan menghadapi momentum tahun politik. ini menjadi hajat rakyat dalam menentukan pemimpin yang akan datang selama lima tahun kedepan. sama halnya dengan Kasim dan Uju yang juga sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan tentunya memiliki hak pilih dalam menentukan sikap politiknya. namun sedikit berbeda dengan masyarakat lain. Kasim dan Uju ini adalah masyarakat yang menasbihkan sebagai penerima manfaat dari pertarungan para kandidat.

Suatu hari, kasim dan uju kebagian jadwal ronda di kampungnya, setelah isya Kasim datang ke pos ronda dengan menggunakan kaos dan selendang sarung sebagai penghangat saat menjalankan tugasnya. sesampaikya di pos ronda, kasim melihat spanduk besar dengan poto yang sangat cantik bertuiliskan nama lengkap yang jelas serta di tambahkan kalimat 'mohon do'a restu' dan tambahan 'Calon anggota DPRD dapil 5.'

Sontak Kasim dengan fokus memperhatikan gambar dihadapanya dengan seksama dan menggerutu, "mmmmmh, dasar tahun politik. jual gambar di pinggir jalan. masih mending kalo jadi pemimpin yang adil," ungkapnya sambil menggelengkan kepala.

Tidak lama dari itu Uju datang sambil mengendap - ngendap, berharap kasim terkejut jika ia datang. " Duaaaaar.,,,, lagi apa sim? , kaya orang bingung aja ente". ujar uju sambil tertawa melihat kasim terkejut karena ulanya.

"Ah entemah, datang bukanya beri salam, inimah kaya caleg bae." ujar kasim sambil mengusap dada sambil menghela napas.

"lah apa samanya ane ama caleg?" tanya uju sambil menggaruk kepala.

"Iya elu datang tiba - tiba," jawab Kasim.

"Lah terus caleg gimana?" ketus Uju sambil masih dalam keadaan bingung.

"Caleg kan datangnya tiba - tiba pas momentum tahun politik doang, sebelumnya kemna?" jawab tegas kasim dengan nada tinggi.

" iya sih sim, caleg itu kebanyakan kaya gitu, hadirnya pas tahun politik doang, sebelumnya saat masyarakat butuh dia kemana ya?" ungkap uju sambil mengusap dagu dan tatapan keatas seperti membayangkan sesuatu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline