Lihat ke Halaman Asli

Sofyan Utiarahman

Master Trainer MGPBE, Fasilitator, Narasumber Kependidikan, Motivator, Instruktur Nasional, Penulis Pemula

Upacara Persada (alm) Djalil Abdullah

Diperbarui: 18 Mei 2022   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prosesi Apel Persada (alm) Djalil Abdullah/dokpri

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiunn... Telah meninggal dunia, alm Drs. Djalil Abdullah, M.Pd, Kepala SMP Neg. 2 Botumoito..
Meninggal sekitar pukul 02.00 dini hari d Rumah Sakit Tani dan Nelayan..Semoga amal ibadah almarhum semasa hidup mendapatkan balasan pahala berlipat ganda, dan diampuni dosa-dosa Beliau..." 
Pesan tersebut beredar di Watssapp Grup. Disampaikan oleh Fadli Ilahude, S.Pd., salah seorang warga PGRI. 

Informasi tersebut mengejutkan seluruh warga guru, masyarakat, para siswa dan anggota PGRI Kabupaten Boalemo. Sebab, keseharian Beliau tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasa. Namun, kita disadarkan bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti dan merupakan hak Allah swt. Kita harus meyakini hal tersebut.

Menurut penuturan kerabat dekat Alamarhum, Beliau dibawa oleh keluarga ke RSTN pukul 01.00. Merasakan sesak di bagian dada. Dan, sekira pukul 02.00 menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum disemayamkan di rumah kediaman, desa Tapadaa Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo.

Alm. Djalil Abdullah adalah anggota PGRI Kabupaten Boalemo. Dalam pantauan pengurus, Beliau aktif dalam berbagai event organisasi. Selain pengabdian di organisasi PGRI, beliau adalah pendidik yang telah mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk pendidikan. Melalui sentuhan tangan ringan dan halus beliau, telah melahirkan pada penerus pembangunan ummat dan daerah ini.

Ketua PGRI Cabang Botumoito, Undrawan Jusuf, M.Pd., bersama seluruh jajarannya berperan aktif pada prosesi pemakaman, dengan melaksanakan apel persada. Pemimpin apel persada, Agus Rahman, S.Pd.I., tampak berdiri tegap dalam suasana sedih. Suaranya menggelegar memimpin apel yang berlangsung hikmat.

Suasana di rumah duka/dokpri

Bertindak selaku pembina apel adalah Drs. Irwan Dai, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Boalemo yang juga sebagai Ketua Dewan Kehormatan Guru Dan Penegakkan Kode Etik PGRI Kabupaten Boalemo. 

Dalam sambutannya, Irwan Dai menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya DJalil Abdullah. "Kita kehilangan salah satu putra terbaik daerah yang telah mendedikasikan jiwa raganya untuk pendidikan di Boalemo. Untuk itu, atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan turut berbelasungkawa yang mendalam dan apresiasi yang tinggi atas jasa dan pengabdian Beliau. Saya mengajak kepada seluruh hadirin dan warga guru mendoakan terbaik untuk Beliau."

Prosesi mengantar jenazah (alm) Djalil Abdullah/dokpri

Turut menghadiri prosesi pemakaman para pejabat baik tingkat Kabupaten Boalemo dan Keamatan Tilamuta, Pengurus dan anggota PGRI, ratusan siswa SMP Negeri 2 Botumoito, warga masyarakat, keluarga, serta kerabat Beliau.

Selamat jalan, Pak Djalil Abdullah. Kau telah menempuh jalan yang ditentukan untukmu. Kelak, kami akan mengikuti jalanmu. Segala doa terbaik kami panjatkan. Nantikan kami dalam keredlaan-Nya. Aamiin

#Opan semesta

#Sofyan Utiarahman




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline