Lihat ke Halaman Asli

Sofyan Utiarahman

Master Trainer MGPBE, Fasilitator, Narasumber Kependidikan, Motivator, Instruktur Nasional, Penulis Pemula

Berbaik Sangka

Diperbarui: 9 April 2022   03:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbaik sangka adalah perilaku baik yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sikap berbaik sangka sangat baik, sangat menguntungkan. Sangat memberi dampak positif bagi kesehata jiwa. Berbaik sangka adalah sikap memuliakan, baik diri sendiri, orang lain, mahluk Tuhan, dan...kepada Allah itu sendiri.

Pernahkah Anda mengalami ketika pulang rumah dan seekor kucing berlari mendekati Anda? Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika kucing itu mendekat? Mungkin ia membawakan rezeki untuk Anda. Meskipun secara kasat mata tidak ada yang ia bawa. Tetapi yakinilah, dengan memberi makan kucing, maka sesungguhnya kita telah membuka pintu rezeki kita.

Mengutip tulisan Sandi Mokoagow, yang dimuat  di Portal Sulut. Com tanggal 1 Januari 2022 pukul 18.04 WIB, Beliau menulis kisah nyata sebagai berikut: Ada sebuah kisah nyata dari seorang pecinta kucing liar yang bernama Toni, Warga Cimahi, Jawa Barat. Menurut Tony pada suatu saat dia jatuh sakit kemudian dia  berbicara kepada kucing-kucing dirumahnya. "Kucing saya sedang sakit, doakan saya agar cepat sembuh dan uang ini daripada dipakai untuk berobat Lebih baik saya belikan makanan untuk kalian," pinta Toni kepada kucing-kucing liar.Berselang kemudian, ternyata Tony pun sembuh dari sakitnya. Dari pengalaman   itulah tadi semakin menyayangi kucing kucing  terlantar kita akan mendapatkan kebaikan.

Apa yang ada dalam pikiran kita, ketika seseorang yang kira tidak mengenalnya tampak berjalan tergesa-gesa menuju ke arah kita? Dengan pikiran yang bermacam-macam dan berkecamuk, luruskan dan bersihkan pikiran kita. Yang datang ini adalah hamba Allah swt, sama seperti aku. Pasti dia membawa kebaikan untukku.

Bagaimana cara kita agar selalu bersikap berbaik sangka? Latihan, latihan, dan terus berlatih. Melatih hati dan jiwa kita untuk berbaik sangka. Memeliharan sikap berbaik sangka dalam diri kita. Latihan yang dilakukan secara terus menerus, akan melahirkan kebiasaan atau karakter.

Sikap berbaik sangka terdiri atas beberapa:

1. Berbaik sangka kepada Allah swt.

Dalam sebuah hadis qudsi dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

"Allah berfirman sebagai berikut:"Aku selalu menuruti persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Apabila ia berprasangka baik maka ia akan mendapatkan kebaikan. Adapun bila ia berprasangka buruk kepada-Ku maka dia akan mendapatkan keburukan." (H.R.Tabrani dan Ibnu Hibban)."

Allah swt Mahasuci. Dia tidak sama dengan makhluk. Peliharalah sikap berbaik sangka kepada-Nya. 

2. Berbaik sangka kepada ciptaan Allah swt.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline