Lihat ke Halaman Asli

Sofyan Utiarahman

Master Trainer MGPBE, Fasilitator, Narasumber Kependidikan, Motivator, Instruktur Nasional, Penulis Pemula

Ketokohan Buya HAMKA

Diperbarui: 9 April 2022   04:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

merdeka.com

"Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang bukan terletak pada  wajah dan pakaiannya*

Buya Hamka

Haji Abdulkarim Malik Karim Amrullah (Hamka) atau yang familiar dengan nama Buya Hamka adalah ulama besar yang dimiliki oleh bangsa yang besar ini, Indonesia. Figur Buya Hamka menjadi fenomenal. Banyak karya yang dihasilkannya. Masa kecil Buya Hamka bisa dibilang kontroversial. Sebagaimana dituturkan oleh Kemenakan Buya Hamka.

Tanpa mendikreditkan tokok nusantara dan ulama lainnya, saya mengidolakan tokoh Buya Hamka. Sosok tawadlu denga banyak karya. Tokoh yang mencetuskan lahirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang sekarang menjadi organisasi induk ulama di Indonesia.

Perjuangan Hamka muda cukup tragis. Pernah bejalan kaki dan tidur di padang pasir. Karena saat itu Beliau tidak ada "duit". Namun dengan kegigihan dan keyakinan Beliau kepada Allah, tibalah mereka di Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Kini, Buya Hamka telah tiada, namun Beliau terasa masih bersama kita. Melalui karya-karya Beliau: dalam bentuk buku, rekaman ceramah baik MP3 dan MP4.

tanglap layar pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline