Lihat ke Halaman Asli

Mudik

Diperbarui: 19 April 2023   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Tradisi mudik Idul Fitri adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana orang-orang yang merayakan Idul Fitri melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman mereka. Mudik berasal dari kata "balik kampung" dalam bahasa Jawa. Biasanya, tradisi ini dilakukan pada saat Idul Fitri tiba setelah bulan Ramadhan berakhir.

Tradisi mudik Idul Fitri merupakan momen yang sangat dinanti oleh banyak orang di Indonesia karena mereka dapat bertemu dengan keluarga dan teman-teman mereka yang biasanya tidak bisa mereka temui sepanjang tahun. Selain itu, tradisi ini juga dianggap sebagai cara untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan, dan memperkuat hubungan antara sesama.

Namun, tradisi mudik Idul Fitri juga dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti kemacetan lalu lintas yang parah, peningkatan angka kecelakaan, serta meningkatnya risiko penyebaran penyakit. Oleh karena itu, pada beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah memperketat aturan dan mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik selama masa pandemi COVID-19 guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline