Lihat ke Halaman Asli

Tugas Deskripsi

Diperbarui: 1 Oktober 2022   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Sofwah Maulidi
NIM : 11220510000091

saya akan menjelaskan definisi dari pondok pesantren secara impresionistis

Pondok pesantren merupakan tempat bagi banyak orang untuk menuntut ilmu. Pendidikan Pesantren merupakan wadah bagi seluruh orang untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan ilmu, baik secara keislaman maupun pengetahuan umum, bagi sebagian orang pendidikan di pesantren membuat diri akan terkekang tapi kenyataannya jika dibandingkan dengan yang lain kita adalah insan yang berilmu serta berakhlakul karimah. 

Di dalam pondok pesantren terdiri dari beberapa generasi atau bagian yang merupakan struktur dari pesantren itu sendiri yang terdiri dari pengasuh pesantren, pengurus pesantren dan pelajar yang disebut sebagai santri. 

Kegiatan di pondok pesantren itu bisa bermacam-macam mulai dari bangun pagi, mengaji, dan bersekolah, berjamaah. Tidak semua sekolah formal ada di dalam pondok pesantren, bahkan ada beberapa pondok pesantren yang hanya fokus kepada mengaji Al-Qur'an atau kitab kuning, terutama di pondok-pondok yang berbasis salaf. Berbeda dengan pondok pesantren modern yang fokusnya bisa di bidang bahasa, Al-Qur'an, dan kitab atau lebih cenderung fokus di berbagai bidang sekaligus. Perbedaan yang terjadi antara pondok salaf maupun modern mungkin hanya terlihat dari segi fokus dan keberadaan sekolah formal di dalamnya. Gampang nya pondok pesantren modern bisa terlihat dari beberapa sistem yang berjalan di dalamnya.

Memasuki pondok pesantren bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang. Karna di pondok pesantren ini kita hidup bersama dengan berbagai sifat dan karakter dari teman-teman kita yang tentunya sangat berbeda satu sama lain. Bersikap selayaknya sebagai seorang pelajar untuk mengahadapi berbagai perbedaan yang ada.
Sebagai seorang pelajar sekaligus seorang santri kita harus menjaga sikap serta perilaku agar tetap sesuai dengan ajaran dan syariat islam yang diajarkan di pesantren maupun di sekolah.

Di pondok pesantren terdapat berbagai pelajaran dan pengalaman yang bisa dirasakan. Beberapa pelajaran yang asing atau hal yang baru biasanya di dapatkan di pesantren. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline