Lihat ke Halaman Asli

Sofi Mahfudz

Penulis Amatir

HarukaEdu, Tempat Belajar yang Asyik dengan Cara E-Learning

Diperbarui: 3 Juni 2016   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit: harukaedu.com

Guru Di Amerika, Murid Di Remote Area

Saya yang tinggal di sebuah desa kecil di kawasan Malang Selatan, saat ini sedang mendalami Bahasa Inggris. Guru saya tinggal di luar negeri. Asli bule. Bisa belajar langsung dari ahlinya tanpa mengeluarkan banyak waktu dan biaya adalah salah satu bentuk kemewahan hidup yang saya syukuri.   

Disebut kemewahan karena jika belajar dengan cara biasa, misalnya saya pergi ke Amerika untuk beberapa waktu tentu harus mengeluarkan banyak biaya. Bisa jadi syarat yang harus saya punya; kalau tidak kaya ya berarti harus sangat kaya. Realitanya, saya tidak sedang berada di kondisi itu.

Ada cara lain yang bisa ditempuh yakni dengan mengejar beasiswa. Mendapatkan beasiswa pun jalannya juga tidak mudah. Harus ada upaya ekstra untuk bisa meraihnya yang notabene harus mengalahkan banyak kompetitor. Dan saya belum berhasil mendapatkan beasiswa untuk belajar langsung ke sana.

Selain faktor ekonomi, ada faktor lain juga yang membuat saya memilih cara belajar yang tidak biasa, yakni karena saat ini saya harus stay at home, literally. Maka, yang mungkin untuk saya pilih dalam rangka bisa terus belajar adalah dengan cara belajar tanpa tatap muka atau belajar melalui media online (E-Learning).

TentangHarukaEdu

Jika dulu untuk bisa menuntut ilmu tidak jarang harus menempuh perjalanan yang panjang, sekarang tidak harus seperti itu lagi. Cukup duduk manis di depan layar laptop, guru yang ada diseberang sana dengan senang hati akan mentransfer ilmu. Tinggal klik-klik-klik, maka terjadilah proses transfer pengetahuan itu.   

Belajar dengan cara E-Learning adalah sebuah keniscayaan ditengah semakin mudahnya interaksi antar manusia melalui media online. Meski antara guru dan murid tidak bertatap muka, tapi secara kualitas antara belajar online dan belajar offline tidak jauh berbeda. Salah satu faktor keberhasilan e-learning ada pada peserta didiknya. Peserta didik yang mengikuti program E-Learning harus disiplin. Dia dituntut menjadi ‘satpam’ bagi dirinya sendiri untuk secara serius dan konsisten mengikuti kelas yang ada.

Nah, dari sekian banyak lembaga pendidikan yang memberikan penawaran belajar via online baik lokal maupun internasional, ada lembaga pendidikan yang patut kita apresiasi kehadirannya, yakni HarukaEdu. Ia adalah startup lokal yang fokus menyediakan sarana belajar yang berkualitas tanpa tatap muka atau E-learning kepada siapapun dan dimanapun berada. Meski kita tinggal di pelosok, daerah terpencil, asalkan ada jaringan internet, kita bisa mengikuti kelas pilihan yang disediakan oleh HarukaEdu.

Untuk mensukseskan proses transfer pengetahuan dari guru kepada muridnya, HarukaEdu telah merancang sistem pembelajaran sedemikian rupa, diantaranya adalah dengan metode pembelajaran terekam, metode belajar secara langsung, metode belajar mandiri, serta metode pembelajaran  personal yang sifatnya mengakomodir kebutuhan peserta didik entah itu terkait waktu belajar, materi pelajaran atau metode yang ingin diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Dengan belajar di HarukaEdu, berarti kita menciptakan suasana belajar yang asyik. Tidak ada ceritanya peserta didik harus bermacet-macet ria untuk bisa sampai di tempat belajar atau harus bermandi keringat karena telat. Dengan belajar di HarukaEdu, proses belajar bisa dilakukan sambil duduk santai di sofa, disambi nyemilin keripik kentang dan menikmati es jeruk sebagai partnernya.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline