Lihat ke Halaman Asli

Sofia Yuniar

Mahasiswa

Guru Sebagai Fasilitator: Peran Penting Guru dalam Pembuatan Assessment dan Rubrik Penilaian

Diperbarui: 14 Juni 2023   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pixabay.com/id/images/search/guru%20siswa/

Guru merupakan fasilitator dari para siswa dan siswinya. Guru wajib memberikan rubrik penilaian untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh para siswanya. Selain itu guru juga harus menyediakan Assessment baik berupa tugas, ulangan harian dan tugas proyek. Menurut pendapat Mrs. Heni guru Bahasa Inggris di SMPN 1 KUNIR, Assessment merupakan suatu pembelajaran berupa penilaian tugas dan proyek yang diberikan kepada murid. 

Guru menerapkan beberapa system assessment salah satunya dengan latihan-latihan soal berupa pilihan ganda dan essay. Guru biasanya memberikan tugas berupa soal-soal kepada murid, kemudian tugas tersebut dikumpulkan kembali dikoreksi Bersama dengan cara saling menukar hasil atau ulangkan kepada teman sampingnya (menilai tugas temannya). Setelah itu, guru membahas bersama tentang tugas yang telah diberikan. Ada juga system assessment berupa tugas proyek yang diberikan oleh guru kepada muridnya. Contoh assessment dan rubrik yang sudah diterapkan di kelas yakni, guru memberikan tugas proyek untuk membuat vlog maupun video tentang procedure text. Guru memberi kebebasan kepada murid untuk membuat makanan maupun minuman dengan menerapkan unsur-unsur yang terdapat pada procedure text. Tujuan diadakannya tugas proyek tersebut agar murid menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris.

 Terdapat tantangan yang dihadapi oleh guru saat pembelajaran berlangsung, seperti, dalam satu kelas ada beberapa golongan murid yang cepat memahami, mendapatkan nilai yang maksimal ada juga yang tidak. Kemudian, guru mencoba menghampiri murid tersebut, menanyai apa saja kesulitan yang dialaminya dan memberikan motivasi kepada murid yang terkadang tertinggal dari teman-temannya. Alternatif lain yang dilakukan oleh guru adalah meminta kepada murid yang pintar di kelas untuk membantu murid yang tertinggal jika merasa kesulitan, karena dalam kelas regular tidak semua murid berkemampuan sama. Murid terkadang malu dan kurang percaya diri saat tugas proyek, sehingga tugas yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Kemudian, banyak murid yang paham saat dijelaskan di kelas, namun saat ulangan harian berlangsung banyak murid yang nilainya tidak memuaskan. Menurut guru tersebut assessment yang baik adalah yang memenuhi standart kompetensi siswa dan sesuai dengan RPP. Oleh karena itu berdasarkan pengalaman saya dalam membuat rubrik penilaian yakni ada beberapa hal yang perlu dinilai terutama dalam pembuatan tugas proyek seperti ide atau gagasan yang disampaikan, penampilan, kreatifitas siswa dan lain sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline