Lihat ke Halaman Asli

Sofia Ummil Husna

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (21107030017)

Berburu Indahnya Golden Sunrise di Bukit Sikunir dan Gunung Prau Wonosobo

Diperbarui: 16 Mei 2022   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemandangan sunrise dari bukit sikunir (Instagram/@indonesia_traveler)

Sunrise atau yang secara bahasa diartikan sebagai "matahari terbit" merupakan suatu keindahan yang diminati banyak orang, apalagi para pendaki yang biasa melakukan pendakian maka sudah menjadi hal yang cukup istimewa untuk dinikmati indahnya sunrise di pagi hari.

Banyak sekali tempat indah dan dari ketinggan untuk menikmati keindahan sunrise. Namun, pada artikel kali ini akan disajikan tempat populer Bukit Sikunir dan Gunung Prau di Wonosobo untuk dapat menikmati keindahan sunrise. Penasarankah sobat kompasianers? Yuk simak penjelasannya!

  • Bukit Sikunir

Bukit sikunir merupakan suatu tempat yang berbentuk bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih 2.263 mdpl yang terletak di daerah desa Sembungan atau biasa disebut dengan desa tertinggi di Pulau Jawa. 

Lokasinya ini masih masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Terbilang sudah cukup populer tempat wisata Bukit Sikunir ini, dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang berasal dari berbagai daerah baik dari pengunjung lokal, dari luar pulau jawa, hingga turis mancanegara.

Sebutan terkenal untuk Bukit Sikunir yaitu "Golden Sunrise" karena memang keindahan alam berupa sunrise terlihat jelas dari ketinggian bukit ini.  Untuk berburu sunrise dari Bukit Sikunir, kita perlu melakukan perjalanan kurang lebih sekitar 30-45 menit dari bawah hingga puncak bukit. 

Biasanya, orang akan melakukan perjalanan di kisaran waktu sekitar pukul setengah empat pagi (03.30 WIB) atau banyak pula yang memulai saat jam waktu subuh sekitar setengah lima pagi (04.30 WIB). 

Sehingga di jam jam ini saat sudah sampai puncak maka matahari terbit akan terlihat sempurna, kecuali jika memang cuaca sedang mendung. Namun untuk menghindari terjadinya sunrise yang tidak sempurna, kita dapat mengunjungi Bukit Sikunir pada saat musim kemarau atau sekitar bulan Juli sampai Oktober.

Bagaimana jalur akses menuju bukit sikunir?

Jalur akses untuk menuju Bukit Sikunir cukup mudah, ketika kita menggunakan kedaraan berupa sepeda motor ataupun mobil maka dapat memarkirnya di bawah. Yaitu tempat parkiran khusus yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata disana. Kemudian kita berjalan kaki menuju puncak bukit dengan melewati jalur yang sudah ada. 

Track jalurnya pun cukup mudah dilewati yaitu perpaduan antara tanah dengan batu sekitar delapan ratus meter yang berbentuk anak tangga berundak- undak Panjang. Namun juga harus diperhatikan saat musim hujan tiba, jalanan bisa menjadi licin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline