Lihat ke Halaman Asli

SofialWidad

Latahzan innalloha ma'ana

Tentang Sudut Bondowoso

Diperbarui: 25 Desember 2021   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Botolinggo, Bondowoso/dokpri

Hari ini saya melakukan perjalanan tidak jauh, hanya di dalam kota sendiri yaitu daerah Botolinggo ya.. masih di kota Bondowoso. Kali ini bukan tempat wisata yang menakjubkan akan tetapi hanya sebuah jalan desa penghubung yang memiliki spot foto yang cukup bagus. Objek foto yang cukup buming akhir-akhir ini dibeberapa akun instagram kawan-kawan Bondowoso. Karena tempat ini digadang-gadang hampir mirip dengan spot foto salah satu daerah di Bali.

Sungguh cantik dan masih cukup asri. Banyak kawan-kawan yang datang hanya untuk bersuwa foto, tebing yang menghiasi kanan kiri jalan adalah daya tarik objek dalam bingkai foto. Kesan saya pertama sampai di salah satu daerah di Botolinggo adalah merasa menyenangkan karena suasananya asri kurang lebih masih memiliki nuansa pegunungan, kondisi jalan yang masih bagus pun juga ikut menambah nilai baik dalam kesan pertama saya dalam berkunjung.

Bondowoso. kota yang memiliki banyak sudut-sudut indah yang perlu kalian kunjungi, memang kalian tidak akan dapati keindahan pantai atau laut di kota ini.  Akan tetapi, bentangan indah nan asri dari puncak gunung dan bukit yang akan menemani dan melengkapi album bingkai foto kalian. Dan memuaskan adrenalin kalian bagi yang menyukai trek dakian yang cukup memuaskan. Contohnya Gunung Raung, Ijen, P23, Puncak Scorpio, Gunung Piramid dan masih banyak lagi.

Selain itu Bondowoso juga memiliki objek wisata air terjun diantaranya. Air terjun tancak kembar, air terjun Niagara mini, air terjun kali pait, air terjun ijen dsb. Tempat-tempat wisata Bondowoso cukup banyak akan tetapi masih kurangnya pengelolaan yang memadai dari pemerintah kabupaten Bondowoso, dari infrastrukturnya masih kurang memadai, pemeliharaan dan penjagaan terhadap tempat-tempat wisata juga masih sedikit upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bondowoso. Padahal tempat-tempat wisata inilah yang akan menambah jumlah pendapatan daerah jika seandainya dirawat dan dijaga dengan baik.

Kenapa bisa menjadi salah satu penambah jumlah pendapatan daerah? Iya, karena semakin dijaga dan dirawat, serta difasilitasi infrastrukturnya untuk tempat wisata daerah. Maka akan semakin banyak mengundang orang-orang untuk ingin tau dan ingin menikmati objek tersebut (berwisata). Bukan hanya itu, hal ini akan menambah pendapatan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) jika di alokasikan dengan baik dan benar.

Museum Kereta Api Bondowoso/dokpri

Yang terakhir tempat yang saya kunjungi hari ini adalah museum kereta api Bondowoso. Tetapi kali ini saya kurang beruntung, karena bangunan museum kereta api Bondowoso masih dalam tahap renofasi. Eh, kok bisa museum kereta api ada di Bondowoso? Memang benar, karena museum kereta api Bondowoso adalah museum pertama di Jawa Timur. Singkat sejarah yaitu awalnya museum ini merupakan stasiun (stasiun Bondowoso).

Stasiun Bondowoso dibangun pada tahun 1893 dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1897 oleh Staatssporwegwn (SS) bersamaan dengan diresmikannya jalur kereta api Jember-Kalisat-Bondowoso-Panarukan. Yang pada saat itu difungsikan sebagai pengangkut komoditas penting seperti tembakau, kopi, beras, dan produk perkebunan lainnya ke port Panarukan.

Kenapa stasiun Bondowoso diberhentikan beroprasi? Alasannya adalah, karena stasiun Bondowoso-Panarukan memiliki infrastruktur yang tidak memadai yaitu sudah sangat tua. Sejarah terpenting dari stasiun Bondowoso adalah terjadi pada tanggal 23 November 1947.

Taukah kalian tentang sejarah acara Dead Carrier pada tanggal 23 November 1947 di Bondowoso? Pastinya tau dong tentang monument "Gerbong Maut" di tengah megahnya alun-alun Bondowoso. Semua itu berkesinambungan loh ceritanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline