Hai guys, perkenalkan namaku Sofiatul Hasanah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata, kini aku sedang menjalankan studi semester lima. Aku adalah salah satu mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud tahun 2019.
all right guys, pada artikel ini aku akan berbagi informasi mengenai strategi marketing. bagi kalian yang sedang memulai bisnis atau bagi kalian yang sudah menjalankan usahanya dan membutuhkan strategi yang tepat untuk bisnisnya, kalian dapat membaca artikel ini sampai selesai. selamat membaca. :)
sebelumnya tahukah kalian apa itu marketing?
Marketing (pemasaran) bukanlah advertising, selling atau pun promotion
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain sesuai tujuan perusahaan. Philip Kotler (2002 : 9)
Marketing (Pemasaran) adalah proses yang berkelanjutan dan berurutan di mana manajemen dalam industri perhotelan dan perjalanan merencanakan, meneliti, menerapkan, mengendalikan, dan mengevaluasi aktivitas yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan tujuan organisasi mereka sendiri.
. Alastair M. Morrison
Asosiasi pemasaran Amerika menawarkan definisi manajerial ini:
Pemasaran (manajemen) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Masih banyak orang yang mengira bahwa marketing dan sales itu sama. Walaupun marketing dan sales itu berada dalam bagian yang sama dan memiliki tujuan yang sama tetapi marketing dan sales memiliki perbedaan.
Perbedaan Marketing dan sales;