Lihat ke Halaman Asli

Warna-Warni Budaya Indonesiaku

Diperbarui: 23 Februari 2019   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Indonesia adalah Negara yang sangat kaya, kaya akan sumber daya alamnya, pesona alamnya serta ragam budayanya. Ada sekitar 34 provinsi, 1340 suku bangsa, dan 7241 budaya di Indonesia. Warga Negara asing pun tau bahwa Indonesia sangat kental akan budayanya. Berbagai macam budaya dari segi tarian serta upacara adat.

Tarian adat di Indonesia memiliki berbagai macam yaitu tarian seudati dari Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian ini bernuansa keagamaan dan mempunyai gerakan yang dinamis. Tarian pendet dari Bali biasanya digunakan untuk ucapan "selamat datang". Tari topeng dari Dki Jakarta biasanya tarian ini di tampilkan untuk menyambut tamu agung. Dan tari reog dari Ponorogo Jawa Timur tarian ini biasanya untuk simbol ketangkasan, serta tarian yang lain.

Adapula upacara-upacara adat di berbagai daerah di Indonesia meliputi upacara ngaben dari Bali biasanya upacara ini diadakan untuk mengkremasi orang yang sudah meninggal. Upacara mudun lemah dari Jawa biasanya diselenggarakan untuk bayi yang akan belajar berjalan. Upacara tabuik di Sumatera Barat biasanya upacara ini diadakan untuk memperingati wafatnya putra nabi Muhammad SAW ketika perang pada zamannya.

Ada juga bahasa di berbagai daerah misalnya bahasa Jawa dengan tutur kata yang lemah lembut contohnya "enjeh, kulo sampun dahar?" Adapula bahasa Madura memiliki lafal yang ditekan contohnya "sengkok mareh ngakan".  Adapula dari bahasa sunda yang juga tutur kata halus "geus dahar?" Adapula bahasa dari papua yang pelafalan nya sedikit keras "sa su makan".

Selain itu Indonesia juga memiliki budaya berupa alat musik yaitu aramba dari nias sumatera utara cara memainkan nya dengan cara dipukul. Tehyan berasal dari Jakarta cara memainkan nya dengan cara di gesek seperti sedang bermain biola. Serunai berasal dari Nusa Tenggara Barat cara memainkan nya dengan cara di gesek.

Adapula budaya Indonesia yang juga unik yaitu rumah gadang dari Sumatera Barat rumah ini sangat menonjol keunikannya karena ujung dari atap terlihat menyerupai tanduk dan rumah ini tidak memiliki sekat kecuali ruang kamarnya. Rumah gapura dari bali rumah ini memiliki ciri khas nya tersendiri yang arsitekturnya kental dengan keagamaan. Rumah rakit berasal dari Bangka Belitung rumah ini sangat unik karena rumah ini didirikan diatas sungai dan bentuknya hampir mirip dengan rakit.

Berikutnya Indonesia juga memiliki budaya berupa baju adat  misalnya baju ulos, pakaian ini berasal dari Sumatera Utara pakaian ini terkenal akan kekuatan magis nya. Baju paksian, pakaian adat ini berasal dari Bangka Belitung biasanya pakaian ini dilengkapi dengan mahkota yang dikenakan oleh perempuan dan pakaian nya biasa dibuat dengan kain sutra. Baju tulang bawang, pakaian adat ini berasal dari Lampung pakaian biasanya dibuat dengan kain tapis, kain tapis ini dibuat dengan tenunan yang manual serta di lukis dengan tinta berwarna emas sehingga pakaian ini terlihat glamor. Baju adat tradisional perang berasal dari Kalimantan Barat dibuat menggunakan kulit kayu ampuro yang dibuat menjadi kain dan cara pembuatan kainnya pun unik dengan cara memukul-mukul kulit pohon itu agar kain itu menghasilkan kain yang sempurna, sebaik nya proses pembuatan nya berada di dalam air.

Dan tidak kalah juga Indonesia memiliki budaya berupa senjata yaitu golok senjata ini berasal dari betawi, senjata ini sudah tidak asing lagi karena senjata ini terkenal dengan cerita sipitung yang ada sejak zaman dahulu orang betawi asli pasti membawa senjata ini kemana-mana untuk keamanan nya. Keris senjata ini berasal dari Jawa, senjata ini juga sudah tidak terdengar asing lagi, karena senjata ini terkenal dengan kekuatan mistis nya padahal senjata ini digunakan untuk penghormatan para leluhur dan biasa nya dengan cara disucikan.

Belati senjata ini berasal dari Papua. Belati terbuat dari tulang burung kasuari, sering digunakan untuk berburu hewan. Karambit berasal dari Minangkabau senjata ini memang berbentuk kecil tapi senjata ini tidak bisa diremehkan, karena senjata ini banyak memiliki kegunaan salah satu contoh nya yaitu membantu memotong akar dan apabila senjata ini menggores lengan seseorang, maka luka itu mungkin cukup serius.

Berikut nya budaya lagu di setiap daerah yaitu "Padang Wulan" yang berasal dari Jawa Tengah lagu ini menceritakan tentang seorang yang mengajak teman-temannya bermain pada malam hari dan ditemani dengan terangnya sinar bulan, "Ati Raja" lagu ini berasal dari Sulawesi Selatan merupakan ucapan syukur kepada sang pencipta manusia, "Badindin" lagu ini berasal dari Sumatera Barat lagu ini biasanya untuk mengiringi tarian indang, dan biasanya lagu ini dibawakan untuk menghibur orang yang sedang bersedih.

Begitu banyak budaya di Indonesia sehingga tidak bisa saya tuliskan satu persatu, budaya Indonesia begitu beragam dan sangat unik sehingga tidak asing bagi orang luar yang tertarik dengan budaya kita, oleh sebab itu kita sebagai generasi muda sudah menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga dan melestarikan serta mengembangkan budaya kita agar tidak punah atau terkikis oleh zaman modern saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline