Lihat ke Halaman Asli

Obat

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Fenomena ini bak bola salju. Tak terlihat di awal, tapi terus membesar. Meluncur ke hilir. Lalu melibas siapa saja yang berhadapan dengannya.

Bisa juga seperti vonis atas suatu penyakit yang sudah lama terdeteksi. Tetapi bertahun-tahun didiamkan. Bukan karena tak ada biaya berobat, melainkan karena vonis itu sudah menjadi keputusan akhir yang tak bisa dicabut kembali.

Gejala-gejala vonis sebenarnya belum amat terasa di awal. Namun pada pertengahan tahun, barulah vonis itu membayang-bayangi kemanapun pergi.Arena yang kami masuki ternyata memiliki tujuan ganda. Menawarkan peluang pada para konsumennya agar bisa mencapai tujuan akhir: profesi ganda campuran. Terdengar mulia, tapi nampak kosong.

Bagi beberapa konsumen yang kurang teliti dan akhirnya terkecoh, kata ‘pendidikan’ yang tersemat di label membuat mereka lalu bertanya-tanya. Tidak hanya nama, tetapi apa yang akan didapat dengan adanya tambahan kata itu. Apa yang ditawarkan.

Seperti obat, jika labelnya berbeda, tentu kandungan dan khasiatnya juga. Kini kandungan dari obat berimbuhan itu tak terasa telah diserap tubuh bertahun-tahun. Tapi walau meminum obat berkhasiat sama, terdapat efek samping yang berbeda bagi tiap pengguna.

Pertama, sebagian besar konsumen sadar atas apa yang diminum. Mereka terus meminumnya sampai habis. Sampai tubuh dirasa kuat dan bisa bertarung di arena kompetisi. Persoalan kalah atau menang di arena pertandingan nanti, belum sempat terpikirkan. Sebabnya, sibuk minum obat dan ingin segera menghabiskannya.

Ada juga yang meminum obat tersebut secara sadar tak sadar. Antara perlu dan tak perlu. Kemudian, didapati tak lagi minum obat tersebut. Mereka menghilang. Pergi ke apotek atau toko obat yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline